Beranda Daerah Bapenda Subang Sosialisasikan SISMIOP Pajak di Desa Margahayu

Bapenda Subang Sosialisasikan SISMIOP Pajak di Desa Margahayu

Jabarpress.com, Subang – Pemerintah Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat kerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang sosialisasikan Sistem Administrasi Informasi Objek Pajak (SISMIOP) kepada warga dan Perangkat Desa Margahayu, yang bertempat di Ruang Rapat Kepala Desa Margahayu, Rabu (28/07/2021).

Sismiop merupakan sistem yang digunakan untuk memulai pendataan, penilaian, penetapan penerima penagihan dan pelayanan yang menyangkut Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan menggunakan sistem komputer.

Kasi Penilaian dan Pendataan PBB Bapenda Subang Wawan Gunawan, mengatakan kegiatan sosialisasi sismiop ini merupakan pencerahan kepada warga masyarakat tentang apa yang dimaksud dengan sismiop.

Sismiop itu sendiri merupakan sistem administrasi perpajakan yang mengintegrasikan seluruh pelaksanaan pembayaran PBB berbasis Komputer yang dimulai dari dasar pengumpulan data dari masyarakat.

“Untuk mendapatkan pemberian identitas, dengan melalui proses percetakan oleh Bapenda yang nantinya akan mengeluarkan hasil tentang status tanah warga masyarakat Margahayu itu sendiri,” tutur Wawan kepada Jabarpress.com, disela sela sosialisasi sismiop, Rabu (28/07/2021).

Lebih lanjut Wawan mengatakan, nantinya diawali dasar keluarnya SPPT maka warga akan mengetahui berapa besarnya pajak yang harus dibayar dan luas tanah mereka yang ada di SPPT.

Kepala Desa Margahayu Kecamatan Pagaden Barat H Main Permana mengucapkan terimakasih kepada Bapenda Subang atas pencerahan yang disampaikan kepada warga masyarakat Margahayu terkait sismiop pajak.

“Ini sangat bermanfaat sekali untuk diketahui oleh masyarakat, karena pembayaran pajak merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh warga negara Indonesia,” imbuh H Main.

(Asep ocayy)