Beranda Hukum Ciamis Jadi Zona Merah Covid-19 Gegara Banyak Kerumunan Warga, Satpol PP Jabar...

Ciamis Jadi Zona Merah Covid-19 Gegara Banyak Kerumunan Warga, Satpol PP Jabar & TNI/Polri Gencar Rajia Prokes

Jabarpress.com, Ciamis — Satpol PP Jabar bersama Satpol PP Kabupaten Ciamis dan TNI/Polri serta Dishub melakukan Patroli Kepatuhan Protokol Kesehatan di Kecamatan Ciamis tepatnya di pusat Alun-Alun Ciamis, Sabtu (12/06/2021).

Hal itu dilakukan karena berdasarkan data yang dihimpun satgas covid-19 divisi KP4A, Kabupaten Ciamis tergolong dalam zona resiko tinggi (Resti) atau yang biasa disebut Zona Merah sehingga menjadi sorotan bagi Satgas Covid -19 Provinsi Jawa Barat.

Operasi tersebut dimulai pada pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, adapun sasaran operasi dititikberatkan pada masyarakat yang berkunjung baik pejalan kaki maupun pengendara roda 2 dan roda 4 untuk berwisata di Alun-alun Ciamis yakni taman Raflesia.

Kasatpol PP Propinsi Jawa barat Ade Afriandi menyebut, tujuan digelarnya Operasi Praja Wibawa dan Operasi Bhakti Praja ini bukan semata-mata untuk mencari pelanggar akan tetapi untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat Kabupaten Ciamis tentang wabah virus corona atau covid 19, agar mereka memahami dan meningkatkan kesadaran akan bahayanya Covid-19 yang mengintai mereka.

“Situasi yang ada di alun-alun Ciamis begitu banyak kerumunan banyak orang yang tidak mengindahkan Protokol Kesehatan, banyak warga yang tidak mematuhi Prokes, salah satu contoh tidak menjaga jarak bahkan banyak anak – anak ikut berwisata bersama orang tuanya yang sengaja tidak menggunakan masker. Ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan Satgas covid 19 khususnya Divisi KP4A,” ujar Ade kepada Jabarpress.com.

Dengan dibantu pihak Polres Ciamis tepat pada pukul 22.00 WIB berhasil mengurai atau membubarkan kerumunan dengan cara persuasif, semua ini dilakukan agar penyebaran covid 19 di wilayah kabupaten ciamis bisa diantisipasi.

“Semoga menjadi pembelajaran serta pemahaman untuk Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan terjadinya situasi di lapangan khususnya di Taman Raflesia dengan banyaknya kerumunan tanpa mematuhi Protokol kesehatan, bagaimana agar dapat memutus mata rantai covid 19, apabila semua ini dibiarkan dan tidak diatasi sampai ditindakanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

(Ajat sudrajat)