Beranda Daerah Ketua DPRD Apresiasi Subang Raih Opini WTP dari BPK Tiga Tahun Berturut-turut

Ketua DPRD Apresiasi Subang Raih Opini WTP dari BPK Tiga Tahun Berturut-turut

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan opini WTP yang ke-3 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Hal itu diungkapkan pada saat menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 di Aula Kantor BPK Provinsi Jawa Barat, Jum’at (21/5/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 15 tahun 2004 pasal 17 dan UU Nomor 17 tahun 2003 pasal 31 yang menyatakan LHP atas LKPD yang telah diaudit/diperiksa BPK diserahkan kepada DPRD dan pimpinan entitas untuk diajukan sebagai RAPERDA tentang pertanggungjawaban APBD.

Sedangkan Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan. Adapun apabila ditemukan penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran yang berdampak indikasi kerugian negara akan diungkap melalui Laporan Hasil Pemeriksaan.

Dalam laporannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat Agus Chotib memaparkan bahwa ada 4 jenis opini yang dapat diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan Tidak Menyatakan Pendapat (TMP).

Adapun opini WTP yang diberikan oleh BPK merupakan opini tertinggi yang dapat diberikan oleh BPK.

Agus Chotib mengatakan pula bahwa tingkat penyelesaian rekomendasi pada 28 pemerintah daerah di Jawa Barat per semester II tahun 2020 berkisar 61,95% – 87, 90 %.

“Adapun permasalahan umum yang sering ditemukan dalam pemeriksaan BPK diantaranya yaitu: Permasalahan terkait kesalahan anggaran, Permasalahan pengelolaan rekening atas nama pemerintah daerah, Pembayaran Iuran PBI yang belum didukung dengan data kependudukan yang handal, Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos yang tidak sesuai ketentuan,” papar Agus.

Dalam sambutannya Kang Jimat menjelaskan bahwa pada tahun 2018, 2019 dan 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mampu memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari BPK, sehingga hal ini mengindikasikan bahwa laporan keuangan pemerintah daerah telah disajikan secara wajar dalam semua hal baik material dan non material serta telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras BPK dan akan terus berupaya melakukan peningkatan agar laporan keuangan di tahun selanjutnya dapat lebih baik,” kata bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Subang H Narca Sukanda S.Sos mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Subang atas upayanya mempertahankan WTP serta kepada pihak BPK perwakilan Jawa Barat yang telah bekerja keras melakukan pemeriksaan.

“Kita dari DPRD Subang akan merespon dan menindaklanjuti hasil LHP BPK agar Subang dapat lebih baik lagi di masa yang akan datang,” imbuh Narca.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Perwakilan BPK Jawa Barat beserta Jajarannya, Ketua DPRD dan Bupati Cirebon, Bupati Bandung, Walikota Cimahi serta Walikota Bandung.