Beranda Hukum Polsek Tanjungsiang Kerahkan 30 Petugas Gabungan TNI/Polri Amankan Perbatasan Subang-Sumedang

Polsek Tanjungsiang Kerahkan 30 Petugas Gabungan TNI/Polri Amankan Perbatasan Subang-Sumedang

Jabarpress.com, Subang–Kapolsek Tanjungsiang Iptu Endang memimpin Apel Kegiatan Operasi Ketupat Lodaya 2021 yang dilaksanakan mulai hari ini tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021, bertepatan dengan kebijakan larangan mudik.

Pemerintah telah secara resmi melarang mudik Lebaran 2021 selama 12 hari. Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penularan Virus Corona, yang kasusnya umum naik saat libur panjang.

Adapun, larangan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Kapolsek Tanjungsiang Iptu Endang mengatakan, tujuan dari Operasi Ketupat ini adalah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman terhindar dari bahaya Covid-19.

“Jumlah personel yang terlibat sebanyak 30 personel gabungan terdiri atas 10 personel Polri dan 5 personel TNI, serta 15 personel instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan,” ujar Kapolsek.

Personel gabungan itu ditempatkan di pos penyekatan untuk mengantisipasi masyarakat yang masih berniat dan akan melaksanakan mudik. Pos penyekatan ini berlokasi di dekat Kantor Kepolisian Sektor Tanjungsiang.

Para personel gabungan juga disebar di pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan pos pelayanan terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja/pasar, terminal dan tempat tempat wisata.

“Posko Penyekatan ini tak hanya sekedar melakukan pengamanan dan pelayanan. Namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, pengawasan protokol kesehatan, mengecek dokumen yang harus dimiliki penumpang, yaitu hasil tes Covid-19 paling lambat 1×24 jam, SKIM dan sertifikat vaksinasi,” pungkas kapolsek.

(Samsu)