Beranda Ekonomi Disnakertrans Subang Latih Warga Desa Sarireja Bikin 7 Olahan Makanan, Dari Kripik...

Disnakertrans Subang Latih Warga Desa Sarireja Bikin 7 Olahan Makanan, Dari Kripik Ubi & Kripik Jagung Hingga Emping Melinjo

Jabarpress.com, Subang–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang melalui Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar pelatihan berbasis kompetensi pengolahan hasil pertanian kepada warga di beberapa desa.

Kepala Disnakertrans Subang, Yeni Nuraeni, mengatakan pelatihan pengolahan hasil pertanian itu merupakan yang kali pertama, bahkan di tahun 2021 merupakan kegiatan secara serentak mengingat BLK itu adalah binaan langsung dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker) dibawah binaan BLK Pusat.

“Pelatihan ini sesuai dengan potensi daerah, karena itu kita lakukan pelatihan pengolahan hasil pertanian, mengingat di Subang kaya dengan potensi hasil pertanian,” ujar Yeni.

Terlebih beberapa fasilitas peralatan perlengkapan penunjang sebagian besar juga sudah tersedia di BLK tersebut seperti peralatan untuk pembuatan pengolahan hasil Pertanian, Peternakan, Perikanan dan fasilitas lainnya.

“Peserta akan mendapat tujuh materi pelatihan pengolahan hasil pertanian yakni pembuatan emping melinjo, keripik ubi aneka rasa, emping singkong, instan jahe, keripik jagung, minyak kelapa murni dan lainnya,” jelasnya.

Kades Sarireja Kecamatan Jalancagak, Nugraha, Rabu (21/4/2021) mengucapkan sangat berterimakasih sekali dengan adanya program pelatihan seperti ini.

“Ini sangat bermanfaat sekali buat warga yang tujuanya adalah menciptakan wirausaha baru di Desa Sarireja. Harusnya Pemda Subang tiap tahun bisa membuat program seperti ini biar ada manfaat yang besar buat warga sekaligus bisa menciptakan UKM – UKM baru di desa masing masing,” paparnya.

Menurut Kades Nugraha sudah barang tentu vidbecknya ekononi kerakyatan yang ada di kabupaten Subang akan lebih maju. Setiap program itu jangan hanya dijadikan slogan pencitraan aja.

“Saya merasa yakin dengan adanya program pelatihan seperti ini akan membawa subang lebih maju jika rakyatnya makmur,” pungkasnya.

( H Ade Bom)