Beranda Warta Desa 175 Hektar Tanaman Padi di Desa Rancadaka Mati Membusuk, 10 Kelompok Tani...

175 Hektar Tanaman Padi di Desa Rancadaka Mati Membusuk, 10 Kelompok Tani Langsung Dapat Bantuan Benih Padi Sebanyak 4,3 Ton

Jabarpress.com, Subang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Subang memberikan bantuan benih padi Varietas inpari 32 sebanyak 4,3 ton kepada 10 kelompok tani (poktan) korban banjir Desa Rancadaka Kecamatan Pusakanagara.

Bantuan benih ini untuk 175 hektar sawah yang berlokasi di blok kepuh, ciragem, jenggot, penandean, cukup, inton, kopak lor, kopak kidul, gerogol dan blok asem Desa Rancadaka yang beberapa waktu lalu terendam banjir.

Sekarang para petani Rancadaka baru bisa menanam padi kembali, sebelumnya petani sudah melaksanakan penanaman padi, akan tetapi tanaman padi mereka mati membusuk.

Kades Rancadaka Kecamatan Pusakanagara H Sueb, mengatakan, ini merupakan kali kedua penanaman padi, sebelumnya mereka (petani) sudah melaksanakan penanaman, akan tetapi karena terendam banjir, otomatis padi yang baru ditanam satu dua minggu mati membusuk.

“Alhamdulillah pasca banjir para petani yang berada di blok kepuh, ciragem dan yang lainnya sudah bisa menggarap sawah kembali,” ujar H Sueb, kepada Jabarpress.com, Jumat (26/03/2021).

H Sueb pun mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian yang telah memberikan bantuan benih padi kepada para petani Desa Rancadaka.

“Mudah mudahan bantuan benih ini bisa membantu dan meringankan beban petani, dan hasil gabahnya pun akan lebih meningkat lagi,” katanya.

Petani asal Desa Rancadaka, Doglong, sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Subang khususnya Dinas Pertanian yang telah peduli terhadap petani.

“Sejak tanaman padi tergenang banjir selama satu bulan kami sudah bingung karena modal nyawah sudah habis, alhamdulilah sekarang ada bantuan benih dari Dinas Pertanian, minimal kami bisa terbantu, kedepannya kami tinggal memikirkan biaya pembelian pupuk,” imbuh Doglong.

(Asep ocayy)