Beranda Warta Desa Pemdes Rancaudik Perbaiki Rutilahu Rahmat Lewat Donasi Program Sapapait

Pemdes Rancaudik Perbaiki Rutilahu Rahmat Lewat Donasi Program Sapapait

Jabarpress.com. Subang–Pemerintah Desa (Pemdes) Rancaudik Kecamatan Tambakdahan kembali perbaiki rumah tidak layak huni milik Rahmat warga dusun Rancaudik Rt 05/01 melalui program Sapapait Samamanis yang digerakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Rancaudik, Sunengsih Wahyudin.

Hadir dalam kesempatan bedah rumah sapapait samamanis tersebut Kapolsek Binong Iptu Edi Juhedi, Kasi Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (PPMD) Kecamatan Tambakdahan, Devi Firdiansyah, Pembina TNI/Polri Desa Rancaudik dan para kadus serta Kader PKK Desa Rancaudik.

“Alhamdulillah pada hari ini, Selasa (23/02/2021) kami bersama warga masyarakat Dusun Rancaudik giat laksanakan gotong royong perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu), sebelumnya kami juga telah memperbaiki 5 rumah milik warga lewat program sapapait samamanis, dan sekarang kita perbaiki lagi rumah milik Pa Rahmat yang kemaren sempat terendam banjir, dimana rumah tersebut kondisinya sudah sangat memprihatinkan, sedangkan rumah tersebut dihuni oleh 4 orang apalagi sekarang mulai musim hujan, apabila tidak cepat diperbaiki hawatir rumah tersebut ambruk. Sedangkan perbaikan rutilahu ini merupakan hasil dari gawe rancage Ibu Ibu PKK melalui program sapapait samamanis,” kata Kades Rancaudik Wahyudin, kepada Jabarpress, Selasa (23/02/2021).

Selain itu menurut Ketua Tim penggerak PKK Desa Rancaudik, Sunengsih Wahyudin, sejak adanya program sapapait samamanis, pihaknya bersama Kader Desa Rancaudik terus bergerak mengumpulkan donasi kepada seluruh masyarakat yang mampu dan peduli terhadap sesama.

“Alhamdulilah untuk bantuan rutilahu kita telah mengumpulkan anggaran dari donasi sebesar Rp13 juta untuk dialokasikan ke rumah Pa Rahmat,” terang Sunengsih.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Rancaudik yang sudah peduli terhadap sesama, dengan menyisihkan sebagian hartanya maupun tenaganya.

“Mudah mudahan ini bisa bermanfaa’at, bagi sodara kita kedepan,” ucapnya.

Rahmat pun mengucapkan terimakasih sekalai kepada Kepala Desa Rancaudik dan ibu ibu kader yang telah peduli.

“Saya mengucapkan terimakasih sekali atas bantuan yang diberikan kepada kami, kalau tidak ada bantuan dari Pa Kades mungkin rumah kami ga bisa di perbaiki, jangankan memperbaiki rumah untuk menghidupi kedua anak saya juga pas pasan, karena terbentur ekonomi, sekarang ada bantuan dari Pa Kades, untuk memperbaiki rumah, alhamdulilah kami sekeluarga tidak hawatir lagi ketika hujan dibayangi rumah roboh, imbuh Rahmat.

Kapolsek Binong Iptu Edi Juhedi mengapresiasi terlaksananya bedah rumah rutilahu dari program sapapait samamanis walaupun di tengah pandemik covid-19 dan bencana banjir, pemerintah Desa Rancaudik bisa membantu warga masyarakat yang membutuhkan, ini merupakan contoh yang baik buat desa desa yang lainya.

“Mudah mudahan rumah yang ditempati bisa jadi barokah dan jadikan rumah sebagai istana bagi keluarga karena rumah yang layak huni bisa membentuk karakter dari keluarga itu sendiri,” tuturnya.

(Asep occay)