Beranda Warta Desa Saluran Irigasi Ranca Piteuk Dijebol Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terancam

Saluran Irigasi Ranca Piteuk Dijebol Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terancam

Jabarpress.com, Subang–Saluran irigasi Ranca Piteuk rusak akibat longsor dampak curah hujan tinggi di Desa Belendung, Kecamatan Cibogo. Saluran irigasi yang mengairi 100 hektar lahan pertanian di Desa Cisaga itu rusak pekan lalu dan hingga kini belum diperbaiki.

Ranca Piteuk tertimbun material tanah longsor, dan hingga kini air tidak dapat mengalir di saluran air irigasi tersebut.

Endang Sugianto, Sekretaris Desa Cisaga menegaskan kondisi itu menjadi penyebab terjadinya luapan air dan berakibat erosi.

“Karena posisinya tanggul atau kali tersebut tidak bisa menampung debit air yang demikian besarnya, sehingga air tersebut meluap dan terjadi erosi. Maka, terjadilah longsor kali saluran Ranca Piteuk,” ungkap Endang, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, posisi saluran air itu berlokasi di wilayah Desa Belendung, namun airnya 100% tersalur dari desa Belendung ke areal 100 hektare pesawahan yang berlokasi di desa lain, yakni Desa Cisaga.

“Kami berharap kepada dinas terkait yang membawahi atau yang membidangi bantuan pasca bencana, agar sesegera mungkin melakukan perbaikan saluran tersebut. Mengeluarkan bantuannya disegerakan,” pungkasnya.

(Samsu)