Beranda Daerah Muspika Cibogo Operasi Yustisi Tegakkan PPKM Dengan Sasaran Pengguna Jalan, Perusahaan, Sekolah...

Muspika Cibogo Operasi Yustisi Tegakkan PPKM Dengan Sasaran Pengguna Jalan, Perusahaan, Sekolah Hingga Rumah Makan

Jabarpress.com., Subang–Muspika Kecamatan Cibogo menggelar Operasi Yustisi Gabungan di Depan Kantor Kecamatan Cibogo, Selasa (19/1/2021).

Operasi yustisi dalam rangka penegakan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) di masa pandemi covid-19 ini melibatkan Kapolsek Cibogo AKP. Asep Rahmat S.Ip. beserta jajarannya, Kapten Inf Ernawan Danramil 0501/Sbg, Camat Cibogo Sri Novia S.AN., Kasi Trantib Cibogo Asep Sopyan SE. serta jajaran Pemcam Cibogo, dan UPT Puskesmas Cibogo, kegiatan menggunkan prokes 3M covid 19.

Camat Cibogo Sri Novia menyebut operasi yustisi dilakulan dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bekerjasama dengan UPT Puskesmas Cibogo serta kegiatan ini sesuai dengan surat edaran Gubernur dan regulasinya Bupati Subang yang dilaksanakan dari tanggal 11-25 Januari 2021.

“Selanjutnya kita tunggu dampaknya dari hasil PPKM ini, terutama dari penyebaran covidnya nanti berdampak kepada surat edaran selanjutnya,” ujar Camat Sri kepada Jabarpress.com.

Dia mengungkap, sasaran Operasi Yustisi ini tidak hanya warga pengguna jalan saja, tapi ada beberapa klaster seperti klaster industri, klaster kesehatan.

“Kita sudah koordinasi bersilarurahmi mendatangi perusahaan-perusahaan untuk mengimbau melaui HRD, dan Manager Perusahaannya agar melakukan prokes 3M. Beberapa perusahaan yang sudah dikunjungi adalah PT Dahana, Youme, dan PT. Eco Vaper, selanjutnya kita berkunjung ke rumah makan-rumah makan, untuk memberikan imbauan, serta monitoring ke beberapa SD dan Guru-guru sekolah dasar untuk persiapan belajar tatap muka melalui pimpinannya dan regulasinya bupati subang, kita menunggu kebijakan pimpinan, serta kita melihat persiapan baik sarana prasarana dalam persiapan belajar tatap muka. Kita harus menyiapkan tempat cuci tangan, cek suhu tubuh, masker dan ruang isolasi di sekolah, ketika anak sakit sekolah tersebut sudah menyiapkan ruang isolasi diharapkan guru dan kepala sekolah serta steakholder yang ada kita harus betul – betul melaksankan prokes 3M, diharapkan walaupun memang ini harus dilakukan belajar tatap muka kita harus siap dan antisipasi dengan berbagai hal diimbangi dengan sarana dan prasarana yakni dengan protokol kesehatan,” tutur Sri.

Kapolsek Cibogo AKP. Asep Rahmat S.Ip. menjelaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimulai dari 11-25 Januari 2021 dengan sasaran adalah warga masyarakat, pihaknya bekerja sama dengan muspika kecamatan untuk melakukan kegiatan Operasi Yustisi.

“Kita memberikan edukasi serta teguran terhadap warga yang tidak menggunakan masker, kemudian kita berikan masker untuk menjaga kesehatan. Kedepan kita memberikan imbauan kepada warga masyarakat agar melakukan prokes 3M, artinya itu merupakan kedisiplinan terhadap masyarakat, baik di rumah, di perjalanan atau ke luar kota harus menggunakan masker, sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Barat, regulasinya bupati Subang. Diimbau kepada warga masyarakat agar patuhi pelaturan pemerintah soal Prokes 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan pake sabun dengan air mengalir, dan wajib memakai masker guna memutus mata rantai covid 19,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)