Beranda Seni Budaya Pemcam Cibogo Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan

Pemcam Cibogo Gelar Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan

Jabarpress.com., Subang–Pemcam Cibogo menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kecamatan di Mesjid Almujahidin Kecamatan Cibogo, Selasa (12/1/2021).

Kegiatan dihadiri Camat Cibogo Sri Novia, LPTQ Kabupaten, Muspika Kecamatan Cibogo, Kepala KUA Cibogo Gayus Priyono, serta para tokoh ulama umaro dan para peserta seleksi tilawatil Qur’an (STQ ) dibagi tiga cabang yakni tilawah, MHQ, MMQ, tingkat anak – anak Remaja dan Dewasa, perwakilan dari desa-desa se-Kecamatan Cibogo, kegiatan menggunakan prokes 3M covid 19.

Camat Cibogo Sri Novia menyebut, kegiatan seleksi tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kecamatan merupakan tahapan menuju STQ tingkat kabupaten.

“Kegiatan ini adalah jenjang atau tahapan dimulai dari Kecamatan, kemudian yang masuk juara dari tingkat Kecamatan mulai diseleksi serta akan dikirim ke tingkat Kabupaten, dan yang maraih juara di tingkat kabupaten akan mewakili ke tingkat Propinsi. Kita dari Kecamatan dapat apresiasi dari LPTQ tingkat Kabupaten walaupun di masa pandemik covid19 ini kita tetap bisa menyelenggarakan kegiatan STQ, tapi kita tetap menggunakan prokes 3M covid 19,” ujar Sri.

“Untuk para peserta tetap melakukan jaga jarak, kegiatan diikuti peserta dari anak anak sampai dewasa, diharapkan kedepan kegiatan STQ ini khusunnya warga masyarakat Cibogo, dapat mengembangkan minat anak dalam membaca al Qur’an, agar dapat membentengi dirinya dari dari isu- isu global yang ada saat ini, serta dapat meningkatkan keimanan kepada alloh Swt,” jelasnya.

Pihaknya juga telah mensosialisasikan terkait pemberlakuan PSBB proporsional untuk menekan penyebaran pandemi covid.

“Ditengah pandemik covid 19 ini kemudian saya bersama pa Danramil dan Kapolsek Cibogo telah mensosialisasikan terkait dengan Surat Keputusan Bupati Subang tentang pemberlakuan Pembatasan Sosial bersekala besar (PSBB) secara proposional di daerah Kabupaten Subang dalam rangka penanganan virus korona atau covid 19, serta ada pembatasan pembatasan yang sipatnya kerumunan orang banyak, serta toko- toko, rumah makan, dan mereka nanti kita berikan imbauan, insya alloh Muspika kecamatan Cibogo akan mengawal tentang surat edaran Gubernur dan regulasinya Bupati subang serta kita akan mengawal dan mengamankan kebijakan- kebijakan pimpinan kita,” papar Camat Sri.

Kepala KUA Kecamatan Cibogo Gayus Priyonoo S.Ag, M.Sy. menjelaskan, sekeksi Tilawatil Qur’an (STQ) sebagai mana disebutakan dalam peraturan mentri agama No 15 tahun 2019 tentang MTQ dan STQ adalah perlombaan yang melombakan cabang MTQ. Kegiatan STQ bertujuan untuk memelihara mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan penyebarluasan al-Qur,an dan al- hadits serta menjadikan al- Qur,an dan al-hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.

Selanjutnya berdasarkan surat LPTQ Kabupaten Subang No: B- 034/LPTQ Kab/XI/2020 tanggal 26 Nopember 2020 tentang pelaksanaan STQ tingkat Kecamatan tahun 2020/2021, menginstruksikan agar LPTQ Kecamatan menyelenggarakan STQ tingkat Kecamatan, paling lambat akhir bulan januari 2021.

“Adapun cabang yang dilombakan adalah cabang Murottal diikuti oleh anak- anak putra dan putri, ketentuan usia maksimal 10 tahun 11 bulan 29 hari, sementara cabang tilawah anak- anak putra dan putri ketentauan usia 13 tahun 11 bulan 29 hari, kemudian cabang tilawah Remaja putra dan putri usia maksimal 19 tahun, cabang tilawah dewasa putra/i usia maksimal 40 tahu, cabang MHQ 1 juz dan tilawah putra/i ketentuan usia 14 tahun 11 bulan 29 hari, cabang MHQ 5 juz dan tilawah putra/i usia maksimal16 tahun cabang MHQ 10 juz putra/i usia maksimal 18 tahun, diharapkan kegiatan STQ ini dapat dipergunakan sebagai sarana untuk memelihara mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, pengamalan dan penghayatan penyebarluasan Al-Qur,an khususnya di Kecamatan cibogo, diharapkan yang meraih juara di tingakat Kecamatan mereka akan mewakili kecamatan Ke tingkat Kabupaten,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)