Beranda Daerah Usai Bagi 50 Mobil, Kini Pemkab Subang Bagi-bagi 39 Motor Buat Hadiah...

Usai Bagi 50 Mobil, Kini Pemkab Subang Bagi-bagi 39 Motor Buat Hadiah Desa Lunas PBB

Jabarpress.com, Subang–Sebanyak 39 desa di Kabupaten Subang menerima sebuah motor atas penghargaan pencapaian penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) buku 1 dan buku 2 tahun anggaran 2020.

Penyerahan motor tersebut dilaksanakan dihalaman Rumdin Bupati oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi alias Kang Akur kepada 39 kepala desa penerima, Senin (11/01/2021).

Plt. Kepala BP4D Subang Ahmad Sobari dalam laporannya menyampaikan bahwa reward motor tersebut diberikan kepada desa atas pencapaian penerimaan pajak bumi dan bangunan perkotaan dan perdesaan (PBB P2) yang telah mencapai presentasi 100% lunas PBB sampai dengan tanggal 30 September 2020 dari ketetapan pokok yang diterbitkan oleh badan pendapatan daerah (Bapenda) kabupaten subang tahun anggaran 2020.

“Pemberian penghargaan tersebut terbagi dalam tiga cluster yaitu cluster 1 sampai dengan Rp100 juta berupa motor honda revo fit, cluster 2 Rp101.000.000 s/d 200.000.000 berupa honda vario dan cluster 3 diatas Rp201.000.000 berupa honda CRF 150,” papar Sobari.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyampaikan bahwa Pendapatan Asli Daerah merupakan komponen penting dalam menopang pembangunan sebuah daerah kemandirian kemandirian daerah ditentukan kepada besar kecilnya pendapatan asli daerah yang dapat digali dan dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pemberian hadiah diberikan berdasarkan kategori jumlah target PBB yang telah ditetapkan.

“Saat ini yang mendapatkan reward tersebut sebanyak 39 desa dan kedepannya diharapkan semakin bertambah. Mari bersemangat bersama-sama dalam pendapatan PBB di Kabupaten Subang bersama dengan Bapenda, kecamatan dan desa agar menyajikan data wajib pajak dan objek pajak yang handal sehingga data yang ada di lapangan dengan data yang ada di sistem lebih valid. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat untuk memenuhi kewajibannya dan memudahkan bagi desa mencapai target PBB. Kedepannya diharapkan raihan PBB tetap konsisten bahkan bisa ditingkatan lagi di tahun 2021,” pungkas Wabup Kang Akur.

Sebelumnya, tahun 2020 lalu, tepatnya pada Selasa, 17 November 2020, Pemkab Subang membagikan 50 unit mobil kepada desa-desa lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan tahun 2020.

Penyerahan 50 mobil dilakukan langsung oleh Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur alias Kang Akur, Sekda Subang H Aminudin alias Kang Amin dan Kepala Bapenda Subang Ahmad Sobari kepada 50 kades yang desanya lunas PBB tepat waktu.

Penyerahan berlangsung pada saat apel pagi di halaman kantor Bupati Subang, Selasa (17/11/2020).

Bupati Subang Kang Jimat mengatakan, dari 30 Kecamatan, hanya 25 Kecamatan yang lunas PBB dan dari 253 desa dan kelurahan, hanya 50 desa lunas tepat waktu.

“Saya berharap pencapaian ini terus meningkat pada setiap tahunnya kedepannya, saya beserta jajaran akan melakukan sidak kepada desa/kelurahan yang realisasi PBB nya paling rendah,” ujarnya.