Beranda Hukum Muspika Kecamatan Cibogo Operasi Yustisi Gabungan Gaktibplin Prokes Covid 19

Muspika Kecamatan Cibogo Operasi Yustisi Gabungan Gaktibplin Prokes Covid 19

Jabarpress.com, Subang–Jajaran Muspika Kecamatan Cibogo menggelar Operasi Yustisi gabungan penegakkan disiplin kesehatan (prokes) covid-19 di depan Kantor Polsek Cibogo, Jumat (27/11/2020).

Kegiatan dihadiri langsung Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat SIP, Camat Cibogo Sri Novia, jajaran satuan Polsek cibogo, dan TNI AD serta turut hadir Kasi Trantib Kecamatan Cibogo.

Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat S.Ip. menyebut, kegiatan Operasi Yustisi Gaktibplin Protokol Kesehatan Covid-19 serentak sesuai Inpres No.6 Th 2020 di wilayah hukum Polsek Cibogo, atas arahan dan petunjuk Kapolres Subang yakni AKBP Aries Kurniawan Widiyanto S.H.

Dia menjelaskan, Operasi Yustisi terkait Kebijakan Pemerintah Tentang Penggunaan Masker atau tidak mematuhi Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. Sehingga pihaknya melakukan Penegakan Hukum ( Gakkum ) terutama kepada masyarakat yang melanggar, tidak menggunakan masker, tidak mematuhi prokes dengan sangsi sosial serta diberikan masker apabila tidak menggunakan masker.

“Operasi gabungan dilaksanakan serta bekerjasama dengan gugus tugas dan apabila menemukan pelanggar Protokol kesehatan diberikan sanksi sosial dan fisik yang mendidik disertai pemberian masker. Dalam kegiatan ini berlangsung aman lancar serta kondusif,” ujar kapolsek kepada Jabarpress.com.

Camat Cibogo Sri Novia mengatakan, dalam kegiatan Operasi Yustisi gabungan ini yang jadi sasarannya adalah warga pengguna jalan yang tidak memakai masker.

“Artinya kita melakukan edukasi kepada warga masyarakat bahwa masker itu besar manpaatnya,” ucap Camat Sri.

Sri Novia menyebut, dalam penggunaan masker masyarakat harus tahu bahwa memakai masker sekarang itu wajib untuk pencegahan penyebaran covid19.

“Tidak bosan – bosan kita tetap memberikan edukasi kepada warga masyarakat agar disiplin dan sadar memakai masker, kita terapkan Prokes 3M yakni mencuci tangan pake sabun, menjaga jarak, dan memakai masker. Dengan adanya Operasi Yustisi ini diharapkan kesadaran warga masyarakat meningkat, bahwa mereka itu harus betul-betul sadar memakai masker ketika keluar rumah, karena kesadaran itu timbul dari dirinya sendiri dan jangan asal bawa masker, tapi maskar itu sudah menjadi kebutuhan kita agar terhindar dari penyebaran virus korona,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)