Beranda Pendidikan KPU RI Kunjungi Bupati Subang Tagih Hibah Lahan Buat Bangun Gedung Pusdikat

KPU RI Kunjungi Bupati Subang Tagih Hibah Lahan Buat Bangun Gedung Pusdikat

Jabarpress.com, Subang–Ketua KPU RI Arief Budiman bersama jajarannya didampingi Ketua KPU Subang Suryaman beserta jajarannya mengunjungi Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat, Jumat pagi (20/11/2020). Kunjungan jajaran KPU Pusat diterima di kediaman pribadi Kang Jimat di Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang.

Kunjungan Ketua KPU RI bersama jajaran dalam rangka menindaklanjuti permohonan dari Ketua KPU terkait permohonan hibah lahan untuk pembangunan pusdiklat KPU.

Kang Jimat menyampaikan kesiapan untuk memberikan hibah penggunaan lahan untuk dimanfaatkan oleh KPU.

“Meskipun akan dikelola oleh KPU, saya mengharapkan dapat juga dipergunakan sarana tersebut oleh asyarakat umum,” ujarnya.

Kang Jimat mengatakan Pemkab Subang memiliki beberapa alternatif lahan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak KPU Pusat. Salah satu lokasi tanah yang ditawarkan adalah lokasi tanah yang berdampingan dengan Politeknik Negeri Subang seluas 9 hektar di Kecamatan Cibogo.

Ketua KPU Pusat Arief Budiman mengatakan, setelah mengetahui adanya respon terkait hibah lahan dari Pemkab Subang, langsung menindaklanjuti dengan berkunjung ke Kabupaten Subang.

“Untuk itu pada hari ini kami membawa seluruh jajaran secara lengkap untuk bersilaturahmi dengan Bupati Subang,” tutur Arief.

Menurut Arief, pihaknya pernah mendapatkan persetujuan dari Presiden RI untuk pembangunan Pusdiklat, akan tetapi karena adanya sesuatu hal salah satunya moratorium pembangunan, Pusdiklat KPU urung terbangun.

“Karena pembangunan sarana ini menyangkut dengan peningkatan SDM dan pendidikan aparatur, saya memiliki harapan besar, mendapat dukungan pendanaan dari Presiden RI. Semoga dengan hadirnya gedung Pusdiklat tersebut dapat menjadi simbiosis mutualisme, yang mana selain sebagai pusat pelatihan KPU, juga dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Subang dan masyarakat umum untuk mengadakan pelatihan pelatihan,” paparnya.

Dia menyebut, KPU adalah lembaga vertikal yang terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan di Kabupaten/Kota, bahkan dalam tahapan pilkada jaringan KPU hingga ke tingkat desa. Karena itulah kebutuhan untuk peningkatan SDM atau melatih aparatur KPU menjadi kebutuhan yang cukup urgent.

“Ini adalah prospek yang bagus. Diklat akan dilaksanakan sepanjang tahun dan yang akan datang dari seluruh Indonesia. Tentunya kabar-kabar baik di Kabupaten Subang dapat tersebar ke seluruh Indonesia. Dengan desain dan perencanaan yang baik, mudah-mudahan menjadi kerjasama yang menguntungkan. Saya bersama jajaran mengucapkan terimakasih dan semoga menjadi kebanggaan. Terkait alternatif lahan, kita akan mempertimbangkan lahan yang sudah disiapkan pihak Pemkab Subang,” pungkas Arief.

Hadir dalam kesempatan tersebut, PLT Sekjen KPU RI Nanang Priatna, Deputy Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Kepala Biro SDM Luki Fernandi, Ketua KPU Subang bersama jajaran.