Beranda Ekonomi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Gambarsari Giatkan Program Ketahanan Pangan di Masa Pandemi...

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Gambarsari Giatkan Program Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Korona

Jabarpress.com, Subang–Program ketahanan pangan yang digulirkan pemerintah RI di masa pandemi covid-19 digencarkan oleh berbagai kelompok masyarakat, termasuk di pedesaan.

Di Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Babinsa TNI AD Serka Herdi H dan Bhabinkamtibmas Polri Aipda Nono H bersama aparatur desa setempat dan Kelompok Cipta Usaha Mandiri, menggiatkan program ketahanan pangan masyarakat untuk menopang perekonomian di masa pandemi.

“Di masa pandemi ini, masyarakat perlu kreatif mempertahankan ekonomi dengan menciptakan peluang-peluang usaha, seperti yang tengah kita giatkan saat ini diantaranya yakni budidaya ikan lele, ini peluang ekonomisnya bagus,” ujar Bhabinkamtibmas Polri Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Aipda Nono H, kepada Jabarpress.com, Rabu (18/11/2020).

Babinsa TNI AD Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Serka Herdi H, menambahkan, selain budidaya ikan lele, program ketahanan pangan yang digiatkan warga yakni bertanam sayuran organik (holtikultura). Diantaranya, tomat, cengek (cabe rawit), sosin, pakcoy, seledri, dan lainnya.

“Dengan bertanam sayuran secara mandiri, bisa menghemat pengeluaran sekaligus menghasilkan secara ekonomis bagi warga. Mengonsumsi sayuran juga sangat baik untuk kesehatan. Program ketahanan pangan ini sejalan dengan anjuran pemerintah,” timpalnya.

Serka Herdi dan Aipda Nono juga tak lupa mengimbau warganya agar terus mematuhi penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk menghindari penyebaran covid-19.

“Patuhi prokes 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar terhindar dari covid,” ucap keduanya.

LPM Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Wawan Setiawan, menyebut, program ketahanan pangan budidaya lele dan bertanam sayuran organik ini sudah berjalan beberapa pekan.

“Alhamdulillah prospek ekonominya bagus dan bisa membantu perekonomian ditengah situasi pendemi,” pungkasnya.