Beranda Daerah Kini Subang Punya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Tepadu, Kepala Depag:...

Kini Subang Punya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Tepadu, Kepala Depag: Pelayanan Jadi Lebih Efisien & Maksimal

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat meninjau gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Subang, Jum’at (16/10/2020) sebelum menghadiri launching peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2020.

Gedung PLHUT Kabupaten Subang memiliki dua lantai untuk melayani keperluan jamaah haji dan umroh. Lantai pertama untuk pelayanan jamaah yang meliputi informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, dan layanan bimbingan manasik haji dan umrah. Lantai dua adalah ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk bimbingan.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat didampingi oleh Kepala Kemenag Subang H Abdurohim, dan Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Subang KH Maman S Jamaludin, tampak meninjau ruangan-ruangan yang ada di gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Subang.

Kang Jimat berharap dengan adanya gedung layanan ini dapat memberikan manfaat yang seluas luasnya untuk masyarakat Kabupaten Subang.

“Munculnya gagasan PLHUT ini diawali dari keprihatinan melihat sarana dan prasarana pelayanan haji dan umrah, pembangunan PLHUT karena banyaknya layanan pembatalan haji, biometrik, BPS dan lainnya yang terkait haji dan umrah, yang dituntut memberikan pelayanan maksimal dengan segala keterbatasan fasilitas. Sementara layanan ini merupakan layanan dasar yang sangat didambakan oleh banyak orang,” ujar Kepala Kemenag H Abdurohim.

Menurutnya, PLHUT hadir untuk memberikan layanan one stop service, calon jamaah haji dalam sehari sudah bisa memiliki nomor porsi haji karena didalamnya semua layanan terkait haji dan umrah sudah disiapkan dalam satu atap.

“Adanya gedung ini juga diproyeksikan bisa mengatasi kendala-kendala yang selama ini dihadapi masyarakat Kabupaten Subang terkait jarak tempuh, waktu, tenaga, dan biaya transportasi dalam pengurusan administrasi pelayanan haji dan umrah,” pungkasnya. (Adv)