Beranda Hukum Disdukcapil Subang Serahkan Dokumen Kependudukan KK/KTP/KIA Secara Gratis kepada Warga Desa Kasomalang...

Disdukcapil Subang Serahkan Dokumen Kependudukan KK/KTP/KIA Secara Gratis kepada Warga Desa Kasomalang Wetan

Jabarpress.com, Subang–Periode pertama sejak bulan Juli 2020 sampai akhir kegiatan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang serahkan pemberkasan KK, KTP dan kartu indentitas anak (KIA) kepada warga masyarakat Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang secara gratis, dalam rangka melaksanakan Gerakan sapapait samamanis (GSS).

Penyerahan data tersebut, dihadiri Kepala Dinas Kependudukan kabupaten Subang H.Sumarna, Kabid Pemanpaatan data dan pelayanan Dinas kependudukan Dadan, Kasi kerjasama bidang pemanpaatan data dan pelayanan PDIP Wawan Haryanto, UPTD Dinas kependudukan Jalancagak Umi Eli, Kepala Desa Kasomalang Wetan Nunung Nuraeni dan puluhan warga masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan kabupaten Subang H Sumarna mengatakan,” kegiatan ini dimulai sejak bulan juli 2020, ini merupakan kegiatan terakhir priode pertama di desa binaan Kasomalang wetan,” ungkapnya.

Priode kedua pada bulan depan, seseai yang ditunjuk desa binaan mana untuk selanjutnya, nanti sama dinas yang menangani gerakan sapapait samamanis GSS yaitu dinas BP2KP.

“Pada hari ini pelaksanaan yang ke 4 dari pertama sosialisasi, kemudian pelayanan pemberkasan sampai terakhir ini produk layanan kependudukan,” imbuhnya.

Saat ini periode pertama dan sudah selesai, periode ke dua pada bulan depan terus berganti desa binaannya sampai ke seluruh desa yang jumlahnya 153 desa.

“Ini sebagai motivasi dari pemerintah daerah, mudah mudahan masyarakat lebih biasa saling membantu dengan warga lainnya, membantu sesama dan warga sekitar dalam program sapapait samamanis, tidak sampai disini tetapi terus berkelanjutan juga tidak karena situasi Covid- 19 saja,” pungkasnya.

Dia menyebut, desa Kasomalang Kulon merupakan salah satu desa binaan Disduk Subang dalam program sapapait samamanis, yang dimulai sejak bulan Juli 2020, dilaksanakan secara bertahap selama 4 kali dan ini kegiatan terakhir di Desa Kasomalang Wetan.

Sementara Kepala Desa Kasomalang Wetan Nunung Nuraeni mengatakan,” saya sebagai kepala desa mewankili masyarakat desa kasomalang mengucapkan terimakasih kepada Dinas kependudukan kabupaten Subang yang telah memberikan pembinaan, dari mulai sosialisasi sampai penyerahan data kependudukan, KTP KK, Akta kelahiran dan KIA (kartu indentitas Anak), 1200 Kartu Keluarga (KK),” ujar Nunung.

(Dudi S)