Beranda Seni Budaya Cegah Banjir, Pemdes Sindanglaya & Warga Gotongroyong Bersihkan Sungai Cikembang

Cegah Banjir, Pemdes Sindanglaya & Warga Gotongroyong Bersihkan Sungai Cikembang

Jabarpress.com, Subang–Pemdes Sindanglaya Kecamatan Tanjungsiang bersama warga menggelar Bakti Sosial atau baksos membersihkan sampah di aliran Sungai Cikembang, Rabu (14/10/2020).

Baksos dihadiri Kades Sindanglaya Kecamatan Tanjungsiang Endang Jaelani beserta jajarannya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, RT/RW, dan warga.

Kades Sindanglaya Kecamatan Tanjungsiang Endang Jaelani menyampaikan, kegiatan bakti sosial ini untuk mencegah banjir luapan air sungai akibat tumpukan sampah, karena saat ini akan mendekati pada musim penghujan.

“Sesuai dengan arahan Bupati Subang H. Ruhimat berharap kegiatan bakti sosial ini menjadi rutinitas, minimal satu bulan sekali di sepanjang aliran sungai Cikembang,” kata Endang kepada Jabarpress.com.

Dia berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah di sembarangan tempat khususnya di sepanjang aliran sungai Cikembang.

Ketua Rw 04 Kampung Bolang Desa Sindanglaya, Toni Wargana menyebut, kegiatan bakti sosial sebagai titik utama di aliran sungai Cikembang adalah salah satu kebutuhan bagi warga masyarakat untuk mengairi pesawahan dan kolam ikan.

“Sehingga kami dengan senang hati melakukan kegiatan bakti sosial ini dengan seluruh warga secara bersama- sama,” ucapnya.

Pihaknya mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini supaya diagendakan rutin satu bulan sekali membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai Cikembang.

“Kita ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Subang serta muspika Kecamatan Tanjungsiang yang turun langsung ke hulu sungai Cikembang, yang ada di wilayah Desa Buniara, kegiatan tersebut akan menjadi penunjang motipasi kepada Desa – Desa lain yang dialiri sungai Cikembang,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)