Beranda Hukum Webinar FKPPI Jabar, Wawalkot Bandung Berbagi Kisah Saat Terpapar Korona-19: Dua Bulan...

Webinar FKPPI Jabar, Wawalkot Bandung Berbagi Kisah Saat Terpapar Korona-19: Dua Bulan Saya Menderita, Jangan Remehkan Korona, Patuhi Protokol Kesehatan

Jabarpress.com, Bandung–Pengurus Daerah X Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) Jawa Barat memperingati kelahirannya yang ke-42 sekaligus memperingati HUT TNI ke-75, di Ruang Siliwangi Makodam III/Slw Bandung, Sabtu (10/10/2020).

Kegiatan diisi Diskusi Online dengan tema “Memperkuat Kesadaran Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid 19 sebagai bagian dari Bela Negara“.

Diskusi menghadirkan nara sumber Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto diwakili Kolonel Inf Puguh Suwito Asster Kasdam III/Siliwangi, Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Yudhi Faisal Hambali, S.H.,M.H. yang diwakili Wadir Binmas Polda AKBP Mohamad Rois. Acara dipandu oleh Mochamad Farid, S.Sos dan Selly Febian, SE.,MM (Sekretaris Panitia dan Ketua Panitia Pelaksana HUT FKPPI ke 42).

Kegiatan dihadiri seluruh pengurus PD X FKKI Jabar, Ketua Hipwi FKPPI PD X Jawa Barat Charles H.M. Hoetabarat.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT KE 42 FKPPI Jabar, Selly Febian, SE.,MM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi beserta jajarannya yang telah mempasilitasi kegiatan ini.

Dia mengaku bangga atas dikeluarkannya Radiogram yang isinya menginstruksikan kepada jajaran Korem dan Kodim untuk memfalitasi kegiatan Zoom meeting cabang FKPPI kabupaten/kota yang ada diwilayah kerja masing-masing serta mengundang 10 pengurus mendampingi serta mengundang Kapolres setempat untuk hadir pada kegiatan tersebut.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dan ini bukti sinergitas antara FKPPI dengan jajaran Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar, mudah-mudahan kedepannya kami sebagai Putra/Putri Purnawirawan dan Putra/Putri TNI/Polri dapat terus bersinergi dan melaksanakan kerjasama di berbagai bidang”, ujar Selly.

Ketua PD X FKPPI Jawa Barat H Yana Mulyana yang juga Wakil Walikota (Wawalkot) Bandung, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar beserta seluruh jajarannya yang telah banyak membantu dan memfasilitasi kegiatan HUT FKPPI ke 42, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terselenggara.

Yana kemudian bercerita pengalamannya saat dirawat menjadi pasien covid-19 hingga akhirnya berhasil sembuh. Diapun mengimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Saya salah seorang yang terkena Covid 19 dan dalam proses penyembuhan total yang memakan waktu selama kurang lebih 2 bulan, penderitaan akibat Covid 19 saya rasakan sakitnya luar biasa. Untuk itu saya atas nama pribadi dan atasnama pemerintah Daerah Kota Bandung mengajak kepada seluruh warga Kota Bandung khususnya umumnya masyarakat Jawa Barat, untuk mentaati anjuran Pemerintah tentang protokol kesehatan, selalu cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan jaga jarak. Supaya kita segera terbebaskan dari penyebaran Virus Covid-19,” papar Yana.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melalui Kolonel Inf Puguh Suwito, Asster Kodam III/Siliwangi, menyampaikan, atas nama seluruh warga Kodam III Siliwangi mengucapkan selamat ulang tahun kepada jajaran pengurus daerah FKPPI Jawa Barat.

“Semoga di usianya yang ke-40 ini, keluarga besar FKPPI Jabar dapat menjadi pelopor dalam memantapkan sikap bela negara,” katanya.

Dia mengatakan, dalam menghadapi pandemi covid-19, FKPPI diharapkan turut berperan aktif menggugah kesadaran masyarakat untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah dengan mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Melalui kegiatan diskusi hari ini diharapkan dapat bermuara pada perhatian kesadaran masyarakat dan proaktif dalam upaya membantu mempercepat penanggulangan pandemi covid 19,” tegas Kolonel Puguh.

Sementara itu, Kapolda Jabar melalui Wadir Binmas Polda AKBP Mohamad Rois menyebut, polda sudah banyak melakukan upaya untuk menanggulangi pandemi covid-19 diantaranya mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat seperti imbauan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak serta membentuk program Kampung Tohaga.

“Saat ini tercatat sudah lebih dari 1.200 Kampung Tohaga yang sudah dibentuk. Dimana kegiatan di Kampung Tohaga mulai masuk ke lokasi kampung di pintu gerbang dari semua arah sudah dilaksanakan pemeriksaan cek suhu badan, disediakan tempat cuci tangan, dan seluruh warga diwajbkan memakai masker. Ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid – 19,” imbuhnya.

Bendahara Umum FKPPI Jabar, Irwan Koesdrajat, menambahkan, organisasinya tidak pernah absen melakukan aksi sosial di tengah pendemi. Dari mulai melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker hingga membuat kegiatan-kegiatan Train of Trainee bersama Satgas Penanganan Covid-19 Pusat.

“Dalam rangkaian kegiatan HUT FKPPI ke 42, kita membagikan sebanyak 16.000 masker bantuan dari Polda Jabar dan Pangdam III/Slw serta urunan anggota FKPPI Jawa Barat. Lokasi pembagian masker adalah tempat-tempat umum seperti pasar dan terminal. Harus ada gerakan sosial masif, dalam hal ini kepedulian terhadap masyarakat atas situasi Pandemi ini. Tidak ada kekuatan terbesar bangsa selain semangat gotong-royong. Itu modal sosial kita,” pungkas Irwan.

(Ocid Sutarsa)