Beranda Seni Budaya Kadis DKUPP Resmikan Puri Batik Haruming di Desa Belendung

Kadis DKUPP Resmikan Puri Batik Haruming di Desa Belendung

Jabarpress.com, Subang–Peresmian Puri Batik Haruming digelar di Puri Haruming Desa Belendung Kecamatan Cibogo, Sabtu (3/10/2020).

Peresmian batik dihadiri langsung Rektor Institut Seni Budaya Indonedia (ISBI) Bandung Prof. DR. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., Kadis Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Subang H. Dadang Kurnianudin, Ketua DPK Apindo Kabupaten Subang Asep Rochman Dimyati SH.MH., Camat Cibogo Sri Novia, Kepala Desa Belendung serta Bhabinkamtibmas Polri, dan Babinsa TNI AD.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kadis DKUPP Subang H. Dadang Kurnianudin mewakili Bupati Subang H Ruhimat atau Kang Jimat.

Prof. DR. Hj. Een Herdiani S,Sen., M.Hum. Rektor ISBI Bandung mengaku bangga dengan adanya peresmian batik haruming ini.

“Secara kebetulan Puri Haruming ini adalah alumni kami yakni Elang Jaka, mereka dipercaya untuk mengelola puri haruming. Hal ini tentunya salah satu kewajiban juga bagi kami untuk melihat perkembangan dan kedepan bisa bekerjasama dan menjadi laboraturium, mungkin bisa menjadi usahawan serta memiliki kepedulian terhadap seni budaya, tidak hanya pengusaha batik saja tapi juga bagaimana kesenian yang ada di wilayah Kecamatan Cibogo dapat diperhatikan, dan tentu ini akan menjadi contoh bagi masyarakat kita, padahal dia bukan orang Sunnda tapi mereka begitu cinta terhadap budaya Sunda,” paparnya.

Hj. Een juga berharap dengan adanya Puri Haruming ini semoga menjadi pusat batik Budaya Subang serta bisa saling mendukung antara yang sudah ada dengan puri haruming, agar Batik Subang bisa menggebrak pasar nasional.

“Dengan adanya puri haruming ini masyarakat dapat merasakan dampak dari pegiat batik haruming. Hal ini sangat potensial untuk dijadikan Desa wisata, Desa Budaya dan dapat memberikan wokshop secara geratis kepada masyarakat dan itu bisa memberikan kesempatan yang baik bagi generasi muda di Desa Belendung ini,” tuturnya.

Camat Cibogo Sri Novia, mengapresiasi dengan adanya pengusaha atau pengrajin batik Harumi sehingga dapat memberikan kontribusi khususnya warga Kecamatan Cibogo, serta dapat menyerap tenaga kerja,” katanya.

Sri Novia mengaku bangga, dengan adanya pengusaha batik Harumi di Desa Belendung Kecamatan Cibogo.

“Diharapkan dengan adanya galeri Batik Haruming ini, dapat meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan warga, dapat menyerap tenaga kerja sekaligus dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Subang,” papar Sri kepada Jabarpress.com.

Pengusaha Puri Batik Haruming Dedi Novarianto SH yang akrab disapa Abi mengatakan, pihaknya merintis mendesain Puri batik Haruming ini sudah satu tahun lamanya, dan saat ini dapat berkembang sedikit demi sedikit, sementara mengeluarkan produk batik ini yang pertama kalinya.

“Kita terima pesanan dari Apindo, selanjutnya ke beberapa partai dan beberapa kalangan, serta batik ini minimal dikenal di Kabupaten Subang. Kami membuat UKM dan menggunakan tenaga kerja khusus warga Kecamatan Cibogo untuk diberikan pembinaan dan tenaga ahli atau gurunya kita ngambil dari Pekalongan dan untuk pelatihannya 1 minggu sekali kita adakan pelatihan rutin, khususnya warga Desa Belendung Kecamatan Cibogo. Sementara produk batik haruming ini kita ciptakan beberapa jenis batik, yakni batik nanas, batik sisingaan dan batik-batik lainnya asli khas batik Subang, diharapkan kedepan batik haruming ini bisa setarap internasional bahwa Subang memiliki potensi batik,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)