Beranda Daerah Dikunjungi Komite II DPD RI, Bupati Kang Jimat Minta Dibantu Pertahankan 84.000...

Dikunjungi Komite II DPD RI, Bupati Kang Jimat Minta Dibantu Pertahankan 84.000 Hektar Lahan Pertanian & Dilibatkan di Proyek Pelabuhan Patimban

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi alias Kang Akur menerima kedatangan Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Daerah Kabupaten Subang di rumah dinas Bupati Subang, Sabtu (3/10/2020).

Kunjungan rombongan Komite II DPD RI dipimpin langsung oleh Ketua Komite II Yorris Raweyai dengan para wakil ketua serta anggota dan staf sekretariat DPD RI Komite II.

Kunker tersebut bertujuan untuk silaturahmi dan berdiskusi antara DPD RI Komite II yang membidangi sumber daya alam dan pengolahan sumber daya ekonomi lainnya. Yang mana kunjungan ke Subang membahas ketahanan pangan di Subang dalam pandemic covid-19, progress pembangunan Pelabuhan Patimban yang diharapkan mampu mendongkrak pembangunan Subang, kesiapan Subang menjadi zona industry, pemberdayaan hutan produktif dan hutan social serta infrastruktur jalan Cilamaya-Patimban dan jalan Kabupaten menuju Patimban yang diharapkan secepatnya dibangun dan dilakukan pelebaran serta Subang memiliki potensi yang sangat luar biasa mengingat Subang memiliki wilayah yang komplek yang mendukung wisata Subang lebih maju lagi karena Subang memiliki 3 zona wilayah yaitu pesisir atau pantai, dataran dan pegunungan.

Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai menyebutkan bahwa Komite II DPD RI mempunyai lingkup tugas pada pengelolaan sumber daya alam dan pengelolaan sumber daya ekonomi lainnya.

Lingkup tugas Komite II sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat, diantaranya pertanian dan perkebunan, perhubungan, kelautan dan perikanan, energi dan sumber daya mineral, kehutanan dan lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan daerah tertinggal, perindustrian dan perdagangan, penanaman modal dan pekerjaan umum.

Dia menyebut, berdasarkan aspirasi serta temuan-temuan dalam kunjungan kerja di Kabupaten Subang, maka Komite II DPD RI memberikan rekomendasi dalam pertemuan tersebut, yaitu DPD RI mendukung aspirasi yang disampaikan Pemda Subang.

“DPD RI akan siap membawa aspirasi yang disampaikan Bupati Subang beserta jajaran dan menyarankan agar Bupati Subang membuat proposal atau laporan ajuan aspirasi yang akan diteruskan ke pemerintahan pusat yang terkait dan akan melakukan komunikasi dengan pihak terkait lainnya,” papar Yorrys.

Bupati Kang Jimat menyampaikan bahwa adanya proyek Patimban di Subang berkeinginan dalam pembangunan dan kedepannya dilibatkan bukan hanya jadi penonton.

“Subang akan siap menjadi zona industry dari Cipeundeuy sampai ke perbatasan Indramayu dan akan mempertahankan Subang sebagai lumbung padi Jawa Barat bahkan nasional yang memiliki lahan pertanian sekitar 84.000 ha,” imbuh Kang Jimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asda dan para Kepala dinas terkait. (Adv)