Beranda Seni Budaya Subang Sabet Penghargaan Swastisaba Wistara Sebagai Kabupaten Sehat di Indonesia

Subang Sabet Penghargaan Swastisaba Wistara Sebagai Kabupaten Sehat di Indonesia

Jabarpress.com, Subang–Kabupaten Subang kembali meraih penghargaan Swastisaba Wistara (5-7 tatanan) tingkat nasional di daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2020. Swastisaba adalah penghargaan tertinggi dalam penilaian kabupaten/kota sehat seluruh Indonesia. Penghargaan diberikan di Ruangan Balai Asri Pusdai Jabar jln. Diponegoro 63 Bandung, Selasa (29/09/2020).

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi alias Kang Akur hadir pada acara tersebut untuk menerima simbolis piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 25.000.000.

Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) diselenggarakan sejak tahun 2005 mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor: 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Penghargaan Kota Sehat Swastisaba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat.

Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Penghargaan yang diberikan berupa piala dan piagam penghargaan, serta dana pembinaan masing-masing sebesar Rp25 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp20 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp15 juta untuk seluruh penerima swasti saba padapa ini.

Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan kepada 17 Kabupaten/Kota penerima predikat Swasti Saba, yang diserahkan secara simbolik oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ke-17 penerima penghargaan tersebut antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.

Kemudian untuk Kabupaten Subang, Kuningan, Sukabumi, Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Karawang, Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.

Wakil Bupati Subang Kang Akur sangat bangga atas prestasi yang diraih Subang sebagai Kabupaten Sehat.

Penerimaan penghargaan ini sebagai bentuk kabupaten sehat yang dilambangkan dengan piagam Swastisaba Wistara.

“Kita bersyukur selama kepemimpinan Jimat-Akur ini, Kabupaten Subang meraih penghargaan yang kedua kali bidang kesehatan sebagai kabupaten sehat. Penghargaan ini sebagai dedikasi dan motivasi kedepannya kepemimpinan Jimat-Akur menuju Subang yang lebih sehat masyarakatnya dan Subang menjadi lebih baik menuju Subang Jawara (jaya, isimewa dan sejahtera). Kita ucapkan terima kasih kepada unsur yang terlibat yang bekerja dengan baik sehingga Subang meraih penghargaan Kabupaten/Kota sehat, dan berharap tahun berikutnya tetap memperoleh penghargaan tersebut di tahun 2021,” papar Kang Akur.