Beranda Hukum Mantab, Bupati Kang Jimat Janji Naikan Tunjangan RT Jadi Rp3 Juta dan...

Mantab, Bupati Kang Jimat Janji Naikan Tunjangan RT Jadi Rp3 Juta dan RW Jadi Rp3,4 Juta

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat didampingi Kepala Dispemdes Subang H Nana Mulyana dan Asda 3 Setda Subang melaksanakan audiensi dengan Forum RT/RW Subang, Selasa (29/9/2020).

Kadispemdes H Nana Mulyana menyampaikan bahwa kegiatan audiensi tersebut dalam rangka silaturahmi dan sinergitas dengan Pemkab Subang, yang mana forum RT/RW sudah dilantik dan dengan kepengurusan yang baru dapat terjalin komunikasi yang baik.

Perwakilan Forum RT/RW, Sutanto mengatakan hingga saat ini banyak yang belum memahami tugas dan fungsi RT maupun RW. Oleh karena itu pihaknya mengharapkan ada kegiatan pembekalan untuk RT dan RW Se-Kabupaten Subang.

“Terkait program jawara harus menjadi icon dan bisa diimplementasikan di tingkat RT dan diharapkan bisa menjadi program yang diunggulkan di Jawa Barat,” ujarnya.

Bupati Kang Jimat dalam sambutannya mengapresiasi atas kerja keras para Ketua RT dan RW se-Kabupaten Subang.

“Kita apresiasi masih ada warga masyarakat yang peduli dengan lingkungannya yang ditunjukan dengan keihlasan membantu dan melayani masyarakat baik sebagai RT maupun sebagai RW di lingkungannya masing masing,” ujar Kang Jimat.

Dia berharap dengan terbentuknya forum RT/RW dapat mempermudah pemerintah daerah untuk melaksanakan Koordinasi. Kang Jimat juga menyampaikan apresiasi kepada teman teman yang sudah dilantik, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik.

Saat ini, sambung dia, pemkab sedang gencar-gencarnya mengupayakan permodalan untuk para petani. Sehingga tidak ada salahnya melalui forum RT/RW ini dapat menyampaikan kepada masyarakat dan menjaring para petani yang membutuhkan pemodalan.

“Terlebih Kabupaten Subang saat ini sedang mengupayakan rencana pemulihan ekonomi dengan program pembiayaan KUR untuk UKM senilai Rp1 triliun. Diharapkan ada koordinasi dengan kepala desa dan camat masing masing,” katanya.

Dalam pertemuan audiensi tersebut, Kang Jimat menerima masukan dan keluhan dari pengurus RT dan RW. Pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan permohonan maaf, karena baru saat ini dapat berkomunikasi langsung dengan forum RT/RW.

Hasil dari pertemuan itu, Kang Jimat meminta Kadispemdes Kabupaten Subang untuk menghitung dan mengusulkan kenaikan tunjangan sebesar Rp1 juta rupiah untuk Ketua RT dan Ketua RW se-Kabupaten Subang.

“Dengan demikian, diharapkan tahun depan ada kenaikan tunjangan dari pemerintah untuk RT menjadi sebesar Rp3.000.000 dan untuk RW sebesar Rp3.400.000 per tahun. Selain peningkatan tunjangan, saya juga akan mengupayakan anggaran operasional untuk Forum RT/RW sebesar Rp50 Juta per tahun,” ungkap Kang Jimat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asda 3 Setda Subang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Adapun dari Forum RT/RW yang hadir diantaranya, Ketua Forum RT/RW Asep Dadan Nugraha, Ikin Sodikin, Sutanto, Tedi Koswara, Dedeh, Mimi, dan Dadah (Adung).