Beranda Daerah Karang Taruna Subang Potong Tumpeng Rayakan HUT Ke-60, Ketum: Utamakan Kerja Sosial,...

Karang Taruna Subang Potong Tumpeng Rayakan HUT Ke-60, Ketum: Utamakan Kerja Sosial, Bantu Sesama Warga, Bantu Tangani Pandemi Korona-19, Kembalilah ke Khittoh!

Jabarpress.com, Subang–Hari ini, Sabtu (26/9/2020), organisasi sosial Karang Taruna genap berusia 60 tahun.

Organisasi sosial yang didirikan 26 September 1960 inipun diperingati serentak di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Subang, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-60 dirayakan secara sederhana namun khidmat dan penuh suasana kekeluargaan, di RM Bale Desa Kota Subang, Sabtu (26/9/2020).

Acara berlangsung menggunakan protokol kesehatan korona-19 dan diikuti pembagian masker khas Karang Taruna kepada puluhan pengurus yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Karang Taruna Subang, Heri Susanto, mengatakan, HUT Karang Taruna tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena pandemi, Pengurus Karang Taruna (PKT) Subang membuat acara potong tumpeng sebagai simbolis rayakan HUT ke-60 dengan memperhatikan protokol covid-19.

Heri menyebut, sebagai organisasi sosial atau orsos, Karang Taruna harus kembali ke khittoh dengan mengedepankan kerja sosial membantu sesama warga sesuai prinsip kesetiakawanan sosial.

“Di usia yang ke-60, Karang Taruna harus kembali ke khitohnya sebagai organisasi sosial atau orsos yang lebih mengedepankan kerja-kerja sosial membangun prinsip nilai-nilai kesetiakawanan sosial membantu sesama, membantu masyarakat sekitar,” jelasnya.

Di masa pandemi, tegas Heri, Karang Taruna harus menjadi garda terdepan untuk membantu warga sekitar yang mengalami kesulitan dan mampu membuktikan keberadaanya sesuai dengan motto kesetiakawanan sosial.

“Karang Taruna harus terus bergerak membantu pemerintah Desa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait dengan covid 19 ini. Sehingga semua mewarnai di semua tingkatan baik teman-teman di desa, kelurahan, kecamatan dan di tingkat Kabupaten,” ucapnya.

MPKT Karang Taruna Subang, Drs Asep Setia Permana, M.Si., yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, menyampaikan selamat HUT Karang Taruna ke-60.

“Semoga Karang Taruna Subang semakin lebih baik lagi, tetap semangat berkarya, salam kesetiakawanan sosial, aditya karya mahatva yodha!,” ujar pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Subang ini.

Sementara itu, Ketua MPKT Karang Taruna Subang, Drs H Aminudin, M.Si., alias Kang Amin, dalam unggahan video yang disebar di grup, menyampaikan ucapan selamat HUT Karang Taruna ke-60.

“Saya, selaku Ketua MPKT Karang Taruna dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang mengucapkan Dirgahayu Karang Taruna ke-60. Semoga keluarga besar Karang Taruna kabupaten, kecamatan dan desa tetap berjaya. Karang Taruna jaya, Karang Taruna istimewa, Karang Taruna sejahtera, insyaalloh, aamiin,” tutur Kang Amin.

Diapun menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat menghadiri langsung peringatan HUT Karang Taruna ke-60 ini.

“Mohon maaf tidak dapat hadir, tetap semangat,” pungkas Kang Amin.