Beranda Warta Desa Desa Majasari Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT & RW, Hj Nining: RT/RW...

Desa Majasari Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT & RW, Hj Nining: RT/RW Organisasi Akar Rumput dan Garda Terdepan Pemerintah

Jabarpress.com, Subang–Pemdes Majasari Kecamatan Cibogo menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT & RW Sebagai Organisasi Rumput dalam Era Desentralisasi Luas di aula kantor desa, Kamis (24/9/2020).

Kegiatan dihadiri langsung Kasi Pemerintahan Kecamatan Cibogo Hj Nining Ratnaningsih, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Subang Mita S.AN., jajaran Pemdes Majasari, Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI AD, serta para Ketua RT dan Ketua RW.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Cibogo Hj Nining Ratnaningsih SE. M.Si. menyebut, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT & RW ini penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” ujar Hj Nining kepada Jabarpress.com.

Dia mengungkapkan, tugas pungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa,” ucapnya.

Mita S.AN., narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Subang menyampaikan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini bertujuan agar mereka tahu tugas dan pungsinya. Kegiatan ini atas ajuan Kepala Desa untuk melakukan pembinaan kepada RT/RW.

“Walaupun tugas ini berat namun karena peran tugas mereka harus dibekali tentang peraturan administrasi agar legalitas penduduk tertib adminitarsi di lingkup RT/RW-nya masing-masing. Jadi RT harus memiliki data penduduk,” paparnya.

Untuk tahun 2020 ini, desa yang melakukan Pelatihan RT/RW baru Desa Majasari Kecamatan Cibogo berdasarkan hasil musyawarah desa.

“Diharapkan kedepan bisa diikuti oleh desa-desa lain agar dapat melakukan kegiatan ini sesuai dengan Perbub No 37 tahun 2019 agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT/RW, terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT & RW jangan sampai salah tapsir,” tegasnya.

Yuda Gunawan, Ketua RT 05 Desa Majasari Kecamatan Cibogo mengaku bangga adanya kegiatan pelatihan RT/RW ini sehingga merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan ini.

“Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT/RW, diharapkan usai kegiatan ini kami dapat merealisasikannya di lingkungan untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat,” imbuhnya.

(Ajat Sudrajat)