Beranda Seni Budaya Pemdes Rancamanggung Peringati Tahun Baru Islam, Maman Suryatna: Pertahankan Budaya Sunda

Pemdes Rancamanggung Peringati Tahun Baru Islam, Maman Suryatna: Pertahankan Budaya Sunda

Jabarpress.com, Subang–Pemdes Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang memperingati Tahun Baru Islam dengan menggelar istigosah serta doa besama di aula kantor desa, Selasa (8/9/2020).

Kegiatan dihadiri langsung Camat Tanjungsiang Dadan Dwiyana, Kades Rancamanggung K. Abas Sujana, Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI AD, BPD, LPM, tokoh masyarakat RT/RW serta para ulama, umaro dan tokoh adat.

Kepala Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang K. Abas Sujana SE menyebut, dalam kegiatan menyambut Tahun Baru Islam, pihaknya menggelar berbagai kegiatan yakni istigosah sekaligus tausiah. Selain itu juga digelar seni budaya Sunda.

“Kegiatan ini wujud tasyakur untuk menjaga sinergitas antara warga dengan pemerintah desa. Kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahmi antara ulama umaro dan warga. Walaupun di tengah pandemik covid 19 ini kita tetap lakukan protokol kesehatan, kegiatan tasyakur bi nimah ini sudah menjadi agenda tahunan yang kali ini dilakukan secara sederhana tapi tidak mengurangi rasa syukur kita terhadap Alloh SWT,” ujar Abas kepada Jabarpress.com.

Diharapkan dengan digelarnya tasyakur bi nimah ini semoga kedepan pemerintahan desa lebih maju didalam melakukan kegiatan pelayanan terhadap warga lebih meningkat lagi.

“Kami imbau warga tetap patuhi peraturan protokol kesehatan yakni jaga jarak, jauhi kerumunan masa, dan wajib pake masker ketika bepergiaan. Kami juga ucapkan terima kasih kepada para panitia kegiatan juga semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut,” paparnya.

Ketua BPD Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Maman Suryatna mengaku bangga dalam kegiatan tasyakur bi nimah walaupun dilakukan sangat sederhana tapi tidak mengurangi rasa cinta terhadap syiar Islam.

“Dalam menyambut Tahun Baru Islam ini dilakulan pada awal bulan assyuro di setiap pedusunan dan tingkat desa, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan dan diisi berbagai kegiatan yakni tabligh akbar, pagelaran budaya Sunda dan kesenian bernuansa Islam,” paparnya.

Mengingat sedang menghadapi wabah covid 19, pihaknya mengajak warga agar lebih meningkatkan ibadah terhadap Alloh swt dan banyak berdoa agar wabah virus korona ini cepat berlalu.

“Dan tentu saja, menyambut Tahun Baru Islam ini kita berharap kecintaan terhadap budaya terus dipertahankan karena melalui kegiatan ini kita bisa menjalin silaturahmi lebih erat lagi,” pungkas Maman.

(Ajat Sudrajat)