Beranda Ekonomi Asik, Pertamina-Kemendagri Ajak Pelaku UMKM & Pemdes Bisnis Pom Bensin Mini ‘Pertashop’

Asik, Pertamina-Kemendagri Ajak Pelaku UMKM & Pemdes Bisnis Pom Bensin Mini ‘Pertashop’

Jabarpress.com, Subang–Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosadi alias Kang Akur menghadiri kegiatan vidio conference (Vicon) rapat koordinasi pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan program Pertashop yang digelar di ruang rapat segitiga rumah Dinas Bupati Subang, Rabu (9/9/2020).

Pertashop adalah SPBU atau pom bensin mini yang resmi bekerjasama dengan Pertamina yang merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan PT Pertamina (Persero) tahun 2020.

Harga BBM yang dijual Pertashop sama dengan harga yang dijual oleh SPBU Pertamina dan nantinya akan dipasok oleh Pertamina secara rutin melalui truk-truk tangki Pertamina.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menjelaskan bahwa untuk mempercepat realisasi pembangunan Pertashop, Kementerian Dalam Negeri telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Pertamina dan membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis kepada pemerintahan desa (pemdes), koperasi serta pelaku usaha atau UMKM di seluruh Indonesia.

“Saya meminta kepada Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar dapat memberikan kemudahan izin dan percepatan pembangunan Pertashop,” tegas Mendagri Tito.

Dirut PT Pertamina (Persero) Wike Widyawati mengatakan, pertamina menjalankan program pertamina shop (Pertashop) dengan menargetkan 4.308 unit terbangun di seluruh Indonesia hingga akhir 2020.

“Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa dan usaha UMKM sebagai pengelola Pertashop sejalan dengan program pertamina one villane one outlet sehingga nantinya pemerintah desa bisa memiliki pusat perekonomian baru,” paparnya.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur didampingi Asda II Komir Bastaman dan Kadispemdes H Nana Mulyana menyambut baik program Pertashop yang nantinya akan menjadi pemicu bagi peningkatan perekonomian masyarakat dengan menggerakan unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).