Beranda Jabar MTQ Jabar Ke-36 Ditengah Pandemi Korona, Gubernur: Tingkatkan Iman & Taqwa

MTQ Jabar Ke-36 Ditengah Pandemi Korona, Gubernur: Tingkatkan Iman & Taqwa

Jabarpress.com, Subang-Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang digelar di Kabupaten Subang, resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, Jumat (4/9/2020) malam.

Acara pembukaan MTQ dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh KH Mu’min Aenul Mubarok & Mustafa Jamaludin, dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia oleh Ketua LPTQ Jawa Barat, Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Subang H Ruhimat alias Kang Jimat menyampaikan penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat tahun 2020, dilaksanakan berbeda dengan sebelumnya.

Kali ini dilaksanakan secara sederhana dan penuh keterbatasan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, tidak ada mobilisasi massa berupa pawai ta’aruf, bahkan dilakukan pembatasan peserta pada setiap harinya.

“Semoga pelaksanaan MTQ di tengah kondisi pandemi covid-19, tidak mengurangi makna penyelenggaraan MTQ, yaitu, membumikan Al-Qur’an dalam rangka mewujudkan generasi qur’ani, menuju Jabar juara lahir batin dan Subang Jawara (Jaya, istimewa, sejahtera),” ujarnya.

Pihaknya merasa bangga, Kabupaten Subang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat tahun 2020. Setelah 36 tahun yang lalu, akhirnya Kabupaten Subang dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat.

“Saya mohon dukungan dan do’a untuk bersama-sama mensukseskan jalannya MTQ ke-36 tingkat Jawa Barat tahun 2020. Selain menjadi daerah industri, Kabupaten Subang juga dipercaya oleh Kementerian Agama sebagai kabupaten yang ditunjuk menjadi tempat pengembangan sumber daya manusia yang islami, yaitu akan dibangunnya MAN Insan Cendikia dan Universitas Islam Negeri SGD di Subang. Selain itu, akan dibangun pula tower pusat observasi bulan, badan hisab ru’yat di Pondok Bali sebagai lokasi pemantau hilal. Terkait akan hal itu, semoga pembangunan infrastruktur pendidikan agama menjadi magnet kedua setelah Patimban sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Jawa Barat, nasional maupun internasional. Kami juga mohon maaf apabila dalam penerimaan dan penyediaan tempat penyelenggaraan belum maksimal. Kegiatan MTQ ke-36 tingkat Jawa Barat tahun 2020, tentu akan menjadi ajang untuk bersilaturahmi, merajut ukhuwah islamiyah, dan menjadi momen penting dalam mempererat kesatuan dan persatuan bangsa,” paparnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas kontribusinya akhirnya MTQ dapat dilaksanakan meski dalam keadaan pandemi covid-19.

“Saya berharap MTQ ini jangan jadi seremoni, akan tetapi sebagai momentum untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Kang Emil menyisipkan pantun:

“Membawa rantang untuk makan siang

Isinya nasi dan ikan teri

Selamat datang di kabupaten Subang

Mari berkompetisi di acara MTQ”

“Di laut banyak ikan dan cumi-cumi

Ikan dimakan oleh para nelayan

Mari lahirkan generasi islami

Melalui gerakan cinta Alquran”

Dia juga menyampaikan, hidup kalau mau selamat lakukan semua hal sesuai syariat.

“Terlebih bapak/ibu banyak pemimpin politik, saya paham karena saya berada di dalamnya, kalau ikut omongan manusia nggak akan pernah beres kerja kita yang penting tidak melanggar syariat. Salah satu dasar hidup ini tentu harus berdasarkan syariat yang kita yakini yaitu Alquran. Ada 3 terkait Al-Qur’an, yaitu harus rajin dibaca, harus rajin dimuliakan seperti sekarang dan harus rajin diamalkan dalam kehidupan,” paparnya.

Menurut Gubernur, Covid-19 ini mengajarkan negara-negara yang hidupnya hanya membangun urusan dunia, ternyata porak-poranda juga. Contohnya Amerika, negara kapitalis, karena tidak adanya hablum minannas dan sila kelima keadilan sosial, yang miskin semakin tertinggal.

“Itulah kenapa semakin meyakini Pancasila itu adalah anugerah dari Allah subhanahu wa ta’ala kepada Negara Indonesia. Hikmah kedua dari MTQ ini adalah tidak ada hidup tanpa kompetisi, jadi silakan berlomba-lomba karena hidup itu pada dasarnya berkompetisi,” pungkasnya.

Selanjutnya Gubernur Jawa Barat, didampingi Wakil Gubernur, Kapolda Jabar, Sekda Provinsi Jabar, Bupati Subang, Ketua LPTQ Jabar, Ketua LPTQ Pusat, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag membuka secara resmi MTQ Ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Jabar.