Beranda Ekonomi Duh, Pelabuhan Patimban Subang Baru Bisa Beroperasi 2 Tahun Lagi, Pembangunan Belum...

Duh, Pelabuhan Patimban Subang Baru Bisa Beroperasi 2 Tahun Lagi, Pembangunan Belum Rampung 100%

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang H Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Kadis PUPR Besta Besuki, dan Kasatpoldam menghadiri kegiatan vidio conference dengan Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi membahas tentang progres konstruksi pembangunan Pelabuhan Patimban Subang serta rencana pengembangan Pelabuhan Patimban, Kamis (3/8/2020).

Proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Patimban hampir rampung atau lebih dari 90 persen. Rencananya, peluncuran awal (soft launching) Pelabuhan Patimban tersebut dihelat pada November 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pembangunan infrastruktur dalam kawasan Segitiga Rebana ini berjalan relatif cepat sejak penunjukan lokasi (penlok) 2019 lalu.

“Kemudian kami koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, kepala desa, dan masyarakat untuk memastikan tidak banyak dinamika dan spekulasi yang merugikan kita semua,” ujar Kang Emil.

Dia menyebut, paling lambat di 2022 Pelabuhan Patimban sudah beroperasi lebih dulu untuk melayani bongkar muat produksi otomotif.

“Pembangunan Pelabuhan Patimban mesti direncanakan dengan matang. Salah satunya, mendesain kota baru di sekitar pelabuhan supaya akses menuju pelabuhan tertata,” katanya.

Gubernur sudah meminta kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai perwakilan Pemerintah Jepang yang terlibat dalam pembangunan Pelabuhan Patimban untuk mulai mendesain kota baru tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengapresiasi langkah cepat semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Pelabuhan Patimban. Dia pun menargetkan soft launching akan dilakukan di awal November mendatang.

Dari sisi infrastruktur pendukung pelabuhan, Budi menjelaskan bahwa akan ada jalan tol dan usulan jalur kereta apai yang dibangun khusus menuju Pelabuhan Patimban. Sementara untuk akses warga, akan dibangun jalan khusus sehingga nantinya warga sekitar tidak akan menggunakan jalan yang sama dengan akses menuju pelabuhan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut baik dengan sebentar lagi pelabuhan Patimban akan segera di soft operational launching pada bulan november 2020.

“Kami mendukung penataan kota baru Patimban dan memastikan masterplan kota baru tersebut akan disiapkan,” imbuh Luhut.

Bupati Subang H. Ruhimat sangat bahagia karena Pelabuhan Patimban akan segera disoft launching, yang kedepannya diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian Kabupaten Subang.

“Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat sekitar juga akan meningkat. Dalam mendukung pelabuhan dan kota baru Patimban, kita mengusulkan pembangunan jalan baru dari Cilamaya Karawang menuju Patimban yang menyusuri sepanjang pantai utara Subang,” pungkas bupati.