Beranda Daerah Ditinjau Kementerian Perindustrian, Lahan Perkebunan Tebu RNI Manyingsal Segera Beralihfungsi Jadi Kawasan...

Ditinjau Kementerian Perindustrian, Lahan Perkebunan Tebu RNI Manyingsal Segera Beralihfungsi Jadi Kawasan Industri, Kang Jimat: Kami Minta Dibangun SMK Industri

Jabarpress.com, Subang–Bupati Subang, H Ruhimat alias Kang Jimat, mengikuti pertemuan dengan jajaran Kementrian Perindustrian (Kemenperin) di halaman belakang Pendopo Rumah Dinas Bupati Subang, Rabu (2/9/2020).

Kedatangan jajaran Kementrian Perindustrian tersebut dalam rangka kunjungan kerja dan koordinasi ke lokasi pembangunan Kawasan Industri (KI) di Kabupaten Subang.

Kunjungan ke Subang tersebut dimulai dengan Kunjungan Lapangan ke lokasi rencana Kawasan Industri di area perkebunan Manyingsal RNI Desa Manyingsal Kecamatan Cipunagara.

Kegiatan dilanjukan dengan melakukan survey dan diskusi di site pelabuhan patimban, dan diakhiri dengan kegiatan diskusi bersama Bupati Subang di Pendopo Bupati Subang.

Adapun dalam diskusi tersebut disampaikan penjelasan arah pengembangan industry di Kabupaten Subang berdasarkan masterplan yang disusun oleh Kementrian Perindustrian, pendalaman rencana pembangunan Kawasan Industri Manyingsal Subang oleh KSO, proses dan tantangan yang muncul dalam pembangunan Kawasan Industri, yang terakhir dibahas mengenai kesiapan infrastruktur dalam mendukung Kawasan Industri Manyingsal Subang, seperti kesiapan penyediaan air, listrik dan sumberdaya lainnya.

Kang Jimat berharap dengan adanya Kawasan Industri, pihak BUMN yang terlibat dalam pembangunan Kawasan Industri dapat turut menggaet atau membimbing dengan BUMD Kabupaten Subang, agar lebih berdaya.

Dia menyebut, menindaklanjuti rencana pembangunan Kawasan Industri Subang yang diprakarsai oleh kementrian Perindustrian, pihaknya sangat mendukung program tersebut. Namun demikian, berkaitan dengan kebutuhan sumber daya manusia di Kabupaten Subang yang berkompeten sebagai pelaku industri, pemkab meminta bantuan prasarana pendukung yang belum dimiliki. Diantaranya pembangunan SMK Industri.

“Kita akan meminta Menteri Perindustrian untuk dapat mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Industri yang diharapkan dapat turut memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi di bidang Industri yang dibutuhkan di Kabupaten Subang,” papar Kang Jimat.

Selain meminta bantuan prasarana pendukung berupa SMK Industri, Bupati yang akrab disapa Kang Jimat ini mengusulkan terkait pembiayaan pengadaan lahan prasarana pendukung yang diharapkan, dapat dialokasikan pada anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, kunjungan Kemenperin ke Kabupaten Subang dipimpin Masrohkan selaku Staf Ahli Menteri, Ignatius Warsito Direktur Perwilayahan Industri, Iriandi Azwartika Direktur Air Tanah dan Air Baku Kementerian PUPR, Haryono Utomo Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Air Tanah dan Air Baku, Wursito Baskoro Kasubdit wilayah 2 Direktorat Air Tanah dan Air Baku, Chairil Purba Kasubdit Fasilitasi Kawasan, Jajaran Direksi RNI, dan perwakilan dari BUMN Pembangunan Perumahan.