Beranda Ekonomi Pengusaha Jepang Temui Bupati Subang, Tawarkan Proyek Kawasan Industri

Pengusaha Jepang Temui Bupati Subang, Tawarkan Proyek Kawasan Industri

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang, H Ruhimat alias Kang Jimat, menerima kedatangan Presiden Direktur PT Megalopolis Manunggal Industrial Development, Kazuo Sudo, dalam rangka meningkatkan investasi di Kabupaten Subang, Selasa pagi (1/9/2020) di ruang segitiga Pendopo Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Jimat menyampaikan terimakasih atas kehadiran Presdir dan jajaran dari PT. Megalopolis Manunggal Industrial Development.

“Pertemuan hari ini adalah pertemuan tindaklanjut sebelumnya pada bulan Oktober 2019 silam,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkab Subang saat ini sedang giat-giatnya melakukan percepatan pembangunan dalam segala aspek, salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah sektor investasi di segala bidang, baik industri, pariwisata, maupun investasi lainnya yang secara langsung akan menunjang pelaksanaan percepatan pembangunan di Kabupaten Subang.

Menurut Bupati, ada beberapa wilayah di Kabupaten Subang yang dapat menjadi kawasan industri terintegrasi seperti Kawasan Industri MM2100 yang dikelola PT. Megalopolis Manunggal Industrial Development.

“Misalnya ada wilayah seluas 1.800 ha di wilayah Pabuaran yang berdampingan dengan kawasan industri Surya Cipta. Selain di wilayah Pabuaran, juga ada wilayah lainnya yang siap investasi seluas 1.100 ha di dekat exit tol KM 115 yang akan bersebelahan dengan RNI Manyingsal. Selain itu untuk mendukung koneksi akses ke pelabuhan patimban, saat ini telah disetujui trase jalan Tol menuju Patimban sehingga tidak perlu khawatir untuk akses Jalan Tol karena nantinya akan ada exit toll di KM 89,” papar Kang Jimat.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Subang, Ahmad Sobari, S.Sos., M.AP., menyebut, Subang saat ini sejalan dengan program provinsi yakni segitiga REBANA dimana dapat teraksesnya pelabuhan patimban, Pelabuhan Cirebon, dan Bandara Kertajati.

“Pengembangan kawasan Segitiga Rebana yang masuk dalam program Industri Juara turut menjadi bagian dari 209 proyek investasi senilai Rp700 triliun,” imbuh Sobari.

Presdir MM2100, Kazuo Sudo, menyampaikan terimakasih atas undangannya dan siap membantu Kabupaten Subang untuk mengembangan wilayah Industri.

Pengusaha Jepang ini mengaku mendapatkan informasi terkait RTRW Kabupaten Subang, dan mendengar ada perusahaan yang sudah peletakan batu pertama di Kabupaten Subang.

“Kami berkeinginan untuk membangun kawasan industri di Kabupaten Subang yang akan bersinergi dengan Pelabuhan Patimban, sehingga hari ini langsung meninjau kawasan Pelabuhan Patimban,” katanya.

Sebagai informasi, MM2100 adalah sebuah kawasan industri yang didirikan pada tahun 1990. Kawasan industri MM2100 merupakan pusat dari berdirinya perusahaan manufaktur raksaksa asal Jepang. Hingga saat ini MM2100 Industrial Estate tercatat memiliki lebih dari 250 perusahaan dengan lebih dari 300 ribu karyawan didalamnya.