Beranda Pendidikan Kemenag Siapkan Program Salafiyah Tingkat Ulya Setara SMA, Ust Ridwan: Ini Solusi...

Kemenag Siapkan Program Salafiyah Tingkat Ulya Setara SMA, Ust Ridwan: Ini Solusi Bagi Santri Pesantren Salafiyah

Jabarpress.com, Subang-Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak Ust Ridwan Hartiwan mengapresiasi Program Salafiyah Tingkat Ulya atau setara SMA Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan usai menerima kunjungan visitasi ijin operasional Seksi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Jabar di Ponpes Darul Falah Cimanggu Kecamatan Cisalak, Selasa siang, (1/09/2020).

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan Seksi PD Pontren Kabupaten Subang dan Kemenag Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendukung pendidikan non formal Salafiyah tingkat Ulya atau setara SMA di Pondok pesantren,” ungkapnya.

Dia menyebut, program ini sangat bagus karena memudahkan pembelajaran bagi para santri di pondok pesantren, khususnya yang tidak memiliki lembaga pendidikan formal.

“Sehingga mereka bisa mendapat ijazah sederajat dengan tingkat SMA atau Madrasah Aliyah,” papar Ust Ridwan.

Sementara Mukhlisin Alaudin, ustadz senior di Ponpes Darul Falah mengatakan, kesetaraan Salafiyah tingkat Ulya sebagai solusi bagi pondok pesantren salafiyah dari pemerintah.

“Ini penghargaan negara bagi pesantren salafiyah khususnya bagi para santri, dengan belajar non formal, para santri nantinya akan belajar pelajaran umum dengan waktu yang ditentukan pesantren selain mengaji kitab kuning,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Pimpinan Ponpes Darul Uluum Cigadog Cisalak, Kyai Ayat Syarifudin.

“Intinya lulusan pesantren yang mengikuti program kesetaraan Salafiyah tingkat Ulya, ijazahnya sama dengan SMA atau Aliyah bisa digunakan untuk kuliah atau bekerja dan ini sangat tepat bagi pondok-pondok pesantren salafiyah seperti kami,” pungkasnya.

(Red/Widianto Johan)