Beranda Pendidikan Wakil Menag Tinjau Lahan Pembangunan MAN Insan Cendekia dan UIN SGD di...

Wakil Menag Tinjau Lahan Pembangunan MAN Insan Cendekia dan UIN SGD di Subang Seluas 15 Hektar

Jabarpress.com, Subang-Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI H Zainut Tauhid Sa’adi, didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosadi, meninjau lokasi lahan hibah Pemkab Subang untuk pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di daerah Pasir Cabe, Sabtu (29/8/2020).

Wakil Bupati Subang Agus Masykur, mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Agama mensuport kembali Subang untuk maju dalam pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dengan akan dibangunnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia di atas lahan hibah seluas 10 hektare dan 5 hektar untuk UIN SGD.

“Pemda Subang sangat menyambut baik pada setiap kemajuan, dengan dibangunnya MAN IC, semoga Kabupaten Subang menjadi kota Pendidikan dan kami mendukung pembangunan MAN IC dalam rangka menyiapkan generasi unggul yang memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual. Kami berharap pembangunan MAN segera terealisasi. Semoga silaturahmi antara Pemda Subang dengan Kementerian Agama semakin kuat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Subang Jawara,” ujarnya.

Dengan didukung nantinya Pelabuhan Patimban dan Bendung Sadawarna akan menjadi penunjang pembangunan Subang dan dengan hadirnya MAN IC akan menjadikan Subang sebagai daerah industri, pusat perekonomian dan kota pendidikan.

“Selain MAN IC, juga akan ada Pusat Observasi Bulan (POB) di Pondok Bali untuk penelitian bulan dan melihat hilal,” ucap wabup.

Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid, menyambut baik atas akan dilakukannya hibah lahan untuk pembangunan 3 obyek, yaitu MAN IC, UIN Sunan Gunung Djati dan Pusat Observasi Bulan (POB) di wilayah Subang.

“Program pemerintah harus sinergi dengan yang lain dengan berbagi tugas dan tanggung jawab sehingga semuanya bisa dijalankan dengan ringan,” imbuhnya.

Tujuan rencana ketiga pembangunan tersebut untuk kemaslahatan semua masyarakat, umat dan negeri. Subang kedepannya akan dikembangkan sesuai dengan tema Jawara yaitu jaya, istimewa, sejahtera yang fokus pada pengembangan industri dan pendidikan.

“Industri akan bergeser ke arah timur ibukota negara salah satunya ke Subang,” katanya.

“Subang harus menjadi kota satelit dan pendukung kota di Indonesia karena Subang sangat strategis, baik industri manufaktur juga industri wisata. POB akan menjadi wisata religi dan pendidikan dan menjadi wisata halal/syariah dengan memfasilitasi dan menjamin pengunjung melaksanakan kegiatan yang halal. Diharapkan Subang juga kedepannya ada pesantren inklusif dan program madrasah mengaji yang digagas provinsi Jabar diharapkan Subang menjadi ikon di Jawa Barat. Kita juga berharap dalam jangka 3 tahun, pembangunan MAN IC, POB dan UIN di Subang harus segera terbangun dan kita akan mengawal dalam pembangunannya dan amanah yang diberikan akan secepatnya akan dilaksanakan pembangunan,” papar Wamenag.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut Kakanwil Kementrian Agama Jawa Barat, Asda I, Kepala Kemenag Subang.