Beranda Ekonomi Pemdes Kumpay Salurkan BLT DD Untuk 140 KK Terdampak Covid-19

Pemdes Kumpay Salurkan BLT DD Untuk 140 KK Terdampak Covid-19

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Kumpay Kecamatan Jalancagak menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi 140 KPM (Keluarga Penerima Manpaat) terdampak covid-19 di aula kantor desa, Jumat (28/8/2020).

Penyaluran BLT DD salur kelima ini dipimpin langsung oleh Kades Kumpay Kecamatan Jalancagak Asep Pulloh disaksikan Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI AD, Kasi Pemerintahan Kecamatan Jalancagak, BPD, LPM, RT/RW dan Pendamping Desa.

Kades Kumpay Kecamatan Jalancagak Asep Pulloh menyebut, penyaluran BLT Dana Desa tahap lima diberikan kepada 140 KK yang terdampak covid-19. Nilainya sebesar Rp300.000/KK/bulan.

“Alhamdulillah, walaupun (nilai bantuannya) saat ini tidak sama dengan sebelumnya, untuk saat ini kita salurkan sebesar Rp300.000 perbulan sebanyak 140 keluarga penerima manpaat (KPM),” ucapnya.

Penyaluran BLT dana desa ini merupakan salur kelima.

“Kita berharap kedepan dengan adanya bantuan ini semoga dapat bermanpaat juga bisa menambah kebutuhan hidup warga terdampak pandemik covid 19,” katanya.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Jalancagak, Mulyana, SH., menyebut, pihaknya turut memantau jalannya penyaluran BLT ini.

“Kami turut mendampingi dalam kegiatan penyaluran BLT DD dan alhamdulillah dengan bantuan tersebut, terus dilakukan pemantauan sesuai dengan aturan yang dianjurkan oleh pemerintah, saat ini sudah salur kelima yang perbulannya itu mendapatkan Rp300.000 per KPM selama tiga bulan,” imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi Pemdes Kumpay yang telah melakukan penyaluran BLT DD dan mereka melaksakan kegiatan tersebut tetap konsentrasi serta eksis dalam berbagai kegiatan dan memperhatikan kebutuhan masyarakatnya sesuai dengan petunjuk dan arahan-arahan pemerintah.

“Pada bulan September ini sudah harus selesai sampai ke salur keenam. Penyaluran BLT DD untuk saat ini dilakukan tiga desa di Kecamatan Jalancagak yakni Desa Tambakmekar, Kumpay dan Tambakan, sementara desa-desa yang lainnya itu sudah selesai semua, diharapkan kedepan covid 19 ini cepat berlalu, sehingga kegiatan pemerintahan dapat berjalan seperti biasanya,” papar Mulyana kepada Jabarpress.com.

Emeh, 67 tahun, warga penerima manpaat RT 08/02 Desa Kumpay mengatakan, dirinya telah menerima bantuan selama tiga bulan kebelakang sebesar Rp600.000 perbulannya.

“Saat ini saya sudah dua kali menerima bantuan dengan sekarang sebesar Rp300.000 perbulannya. Saya bersyukur atas bantuan BLT DD yang disalurkan oleh Pemdes Kumpay kepada warga, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Kumpay, yang telah berupaya memperhatikan warganya, sehingga kebutuhan kami selama pandemik covid 19 ini terbantu,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)