Beranda Seni Budaya Bupati Subang Apresiasi Ruwat Bumi Desa Margasari

Bupati Subang Apresiasi Ruwat Bumi Desa Margasari

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang H Ruhimat menghadiri langsung puncak acara Ruwat Bumi yang diselenggarakan oleh Pemdes Margasari Kecamatan Dawuan, Kamis (27/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Pemdes Subang H Nana Mulyana, perwakilan Disparpora, Camat Dawuan Gandi Sugandi, aparatur Desa Margasari, Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI AD, tokoh adat, tokoh masyarakat, BPD, LPM serta para Kepala Desa se-Kecamatan Dawuan.

Kegiatan ruwat bumi dimeriahkan karnaval atau pawai alegori yang menampilkan hasil pertanian warga Desa Margasari.

Dalam amanatnya, Bupati Subang H Ruhimat didampingi Kadis Pemdes Subang H Nana Mulyana, mengapresiasi kegiatan Ruwat Bumi Desa Margasari sebagai wujud memelihara budaya Sunda.

“Ruwat Bumi ini adalah tradisi Sunda yang harus dijaga. Lestarikan hasil-hasil pertaniannya. Kegiatan ini salah satu bentuk syukur terhadap Alloh SWT, bahwa kita harus bersama-sama tetap menjaga alam lingkungan pertanian kita harus dijaga dan dipertahankan keutuhannya,” ujarnya.

Kadis Pemdes Subang H Nana Mulyana menyebut, ruwat bumi juga mencerminkan dan menjadi bukti semangat gotong-royong di masyarakat.

“Ini juga merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan, terhadap pertanian yang merupakan karakter masyarakat Desa Margasari. Kita dari pemda berkewajiban melakukan pembinaan, artinya dalam setiap tahun kita melakukan bimbingan teknis tentang kelembagaan adat ini agar bisa mempertahankan dan melestarikan budaya-budaya yang berkembang di masyarakat, hajat ruatan bumi ini adalah hajat rakyat melalui lembaga adat agar budaya ini tetap dipertahankan serta dijaga keutuhannya,” papar H Nana.

Camat Dawuan Gandi Sugandi S.Pd. MM., juga turut mengapresiasi kegiatan ruwat bumi dalam rangka memelihara adat budaya Sunda, agar dilestarikan dan dijaga keutuhannya karena budaya tersebut merupakan aset bersama.

“Kita berterimakasih kepada warga Desa Margasari melalui Kepala Desa yang sudah bisa memelihara seni budaya Sunda, ini hal yang sangat bagus. Kegiatan ini baik diselenggarakan setiap tahun serta diharapkan kedepan jangan sampai putus, kegiatan ini hasil kerja bareng antara pemerintahan Desa dengan warga untuk menumbuhkan sipat gotongroyong,” imbuhnya.

Kades Margasari Kecamatan Dawuan Aliwarsa, SE., juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan jalannya kegiatan ruwatan bumi.

Dia menyebut, kegiatan yang digelar dengan memakai protokol kesehatan korona ini dibiayai dari hasil dari gotong royong warga.

“Anggaran ini hasil dari gotong-royong warga kami dan berjalan lancar,” imbuhnya.

Inti dari kegiatan ruwat bumi untuk memperkuat silaturahmi sekaligus bentuk mencintai terhadap budaya Sunda.

“Dalam kegiatan ini kita gelar berbagai kesenian Sunda, seperti tutunggulan, gemyung, pantun serta kegiatan lainnya. Diharapkan kedepan kegiatan budaya ini terus dilestarikan, jangan sampai budaya kita ini terlidas oleh budaya luar,” pungkas Aliwarsa.

(Ajat Sudrajat)