Beranda Seni Budaya Penampakan Upacara HUT RI Ke-75 Berprotokol Korona di Subang, Kang Jimat: Terimakasih...

Penampakan Upacara HUT RI Ke-75 Berprotokol Korona di Subang, Kang Jimat: Terimakasih Buat Semua Pihak yang Bantu Tangani Covid-19

Jabarpress.com, Subang-Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke-75 tingkat Kabupaten Subang tahun 2020 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19 dan dipimpin langsung oleh Bupati Subang H Ruhimat sebagai Inspektur Upacara, Senin (17/08/2020).

Dalam sambutannya, Kang Jimat–sapaan karib Bupati Subang H Ruhimat–mengatakan, jika memang perayaaan HUT RI yang ke-75 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

“Akan tetapi kita tidak boleh berhenti bersyukur karena masih bisa melaksanakan perayaan HUT Kemerdekaan RI walaupun dengan sederhana dan penuh keterbatasan serta tidak mengurangi makna kemerdekaan yang sesungguhnya,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kesehatan serta perekonomian masyarakat. Pemerintah pusat mendorong semua pemerintah daerah agar bangkit dan mengejar ketertinggalan serta melakukan lompatan-lompatan tinggi demi sebuah cita-cita menjadi Indonesia Maju sesuai dengan tema HUT kemerdekaan tahun ini.

Dia menyebut, berbagai upaya telah dilakukan dalam menyelamatkan masyarakat dari penyebaran Covid-19 dan keterpurukan ekonomi. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Subang dalam menghadapi dampak pandemi adalah Gerakan Sapapait Samamanis.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Subang serta masyarakat, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh dokter, perawat, serta seluruh tenaga medis yang bertugas di rumah sakit, puskesmas, klinik maupun laboratorium, yang terus berupaya agar pencegahan dan penanganan Covid-19 berjalan maksimal. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh pemuda, pihak swasta, awak media, kepada TNI dan Polri, ASN, para camat, kepala desa, lurah, RT/RW, organisasi masyarakat, komunitas, serta seluruh masyarakat yang bahu membahu mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang,” papar Kang Jimat.

Dia menyampaikan pesan dari pidato kenegaraan Presiden Jokowi pada tanggal 14 Agustus 2020 mengenai ketahanan pangan serta kelancaran distribusinya, juga penguatan kawasan industri lainnya dan pembangunan super koridor ekonomi Pantai Utara Jawa yang meliputi kawasan industri Batang, Subang dan Majalengka yang sedang dikembangkan dalam waktu singkat dan dirancang agar mampu mengundang investor berkualitas serta bersinergi dengan UMKM di Kabupaten Subang.

“Kami memohon dukungan dari semua lapisan masyarakat dengan akan dilakukannya pembukaan akses-akses pendukung atas kawasan industri yang akan dibangun di Subang. Oleh karena itu, kami mengajak kepada masyarakat Kabupaten Subang agar menyambut baik semua peluang yang ada dengan terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri agar dapat bersaing di tengah-tengah era industrialisasi dan jangan hanya jadi penonton,” pungkasnya.