Beranda Warta Desa Pemdes Cibogo Bersama PMI Subang Gelar Donor Darah, Kades Ahmad: Insyaalloh Kita...

Pemdes Cibogo Bersama PMI Subang Gelar Donor Darah, Kades Ahmad: Insyaalloh Kita Rutinkan Tiga Bulan Sekali

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cibogo Kecamatan Cibogo bersama PMI Kabupaten Subang menggelar kegiatan donor darah di aula kantor desa, Sabtu (15/8/2020). Kegiatan diikuti 31 mahasiswa/i KKN Universitas Subang (Unsub) dan gabungan dari KKN UIN Bandung.

Kades Cibogo Kecamatan Cibogo Ahmad Mahbubi menyebut, kegiatan Donor Darah dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Subang sebagai kegiatan sosial dan kesehatan dimana labu darah yang terkumpul bisa digunakan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

“Ini adalah kegiatan sosial, kegiatan kesehatan dimana kita ikut mendukung PMI sehingga kita bisa membantu sodara-sodara kita yang membutuhkan stok darah,” ujarnya.

Pihaknya mengaku bangga melihat animo warga yang antusias untuk menyumbangkan darah.

“Diharapkan kegiatan donor darah ini bisa berkelanjutan dan Insyaalloh kita akan agendakan setiap tiga bulan sekali. Alhamdulillah dari semua unsur jajaran Pemdes Cibogo diantaranya RT/RW, para kader posyandu, para tokoh masyarakat, BPD, LPM, semuanya hadir, dalam kegiatan tersebut. Semoga kegiatan ini menjadi momen terpenting bagi kita semua, kedepan semoga antara warga dengan Pemdes Cibogo agar lebih sinergi lagi dan mengedepankan sipat gotongroyong untuk mencapai sebuah pembangunan desa yang maju,” tutur Kades Ahmad.

Bagian Unit Transpusi Darah PMI Kabupaten Subang, Ani Agustiani, mengatakan, dimasa pandemik covid-19 ini stok darah di PMI sudah berkurang, sementara permintaan darah dari pasien semakin bertambah terus menerus, sehingga pihaknya gencar menggelar kegiatan donor.

“Dalam satu hari itu pasen bisa mencapai 30 orang lebih, sementara kesiapan darah kosong, jadi terpaksa kita mengambil dari donor darah keluarganya, keluarga si pasen sesuai golongan darah yang dibutuhkan si pasen,” katanya.

Ani bersyukur atas tingginya animo masyarakat yang sangat mendukung donor darah di Desa Cibogo.

“Sebetulnya program kami selain ke desa, ke sekolah-sekolah, juga termasuk guru-guru yang biasa melakukan donor, yakni SMPN 1 Ciasem pantura dan guru- gurunya ikut donor. Selanjutnya untuk tanggal 19 Agustus mendatang akan dilaksanakan donor di Pamanukan dan Desa Sukamandijaya. Kegiatan donor darah ini sesuai dengan permintaan dari desa masing-masing atau sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Subang,” papar Ani.

Dia menyebut, untuk kegiatan donor darah di Desa Cibogo, pihaknya menargetkan 70 orang pendonor.

“Warga yang datang untuk donor sudah ada 28 orang, sementara target kita 70 orang, mudah-mudahan tercapai, karena kegiatan ini di Desa Cibogo baru pertama kali, diharapkan Desa Cibogo bisa rutin setiap tiga bulan sekali dan kalau kegiatan donor ini rutin insyaalloh persiapan darah di PMI tidak akan kekurangan,” jelasnya.

Tina Ardianti (21 tahun), warga Kampung Sukamulya RW 04 Desa Cibogo, mengaku senang ada donor darah yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Cibogo.

Menurutnya, kegiatan donor darah sangat bermanfaat untuk kesehatan dan bisa membantu sesama yang membutuhkan.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat agar jangan takut untuk mendonorkan darahnya demi membantu yang membutuhkan.

“Dengan donor ini, kita bisa menyumbangkan darah kepada sodara kita yang membutuhkan bantuan. Kita harapkan kegiatan donor darah di Desa Cibogo berkelanjutan. Kita jangan takut untuk melakukan donor karena demi kesehatan kita. Semoga Desa Cibogo ke depan lebih maju dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)