Beranda Ekonomi Alumni Pelatihan BLK Komunitas Ponpes Darul Falah Cisalak Angkatan 1 & 2...

Alumni Pelatihan BLK Komunitas Ponpes Darul Falah Cisalak Angkatan 1 & 2 Dibekali Mental Entrepeneurship

Jabarpress.com, Subang-Pelaksanaan pelatihan menjahit angkatan ke-2 BLK Komunitas Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak yang telah berakhir seminggu yang lalu ditindaklanjuti dengan kegiatan penguatan peran unit produksi.

Hal itu diungkap oleh Sekretaris Ponpes Darul Falah Linawati S.Kom, menurutnya kegiatan itu dilakukan sebagai upaya optimalisasi peran BLK memberi solusi kepada peserta pelatihan yang rata-rata terdampak covid-19.

“Di tengah lesunya industri garmen khususnya dan sektor ekonomi berikan solusi bagi para alumni peserta pelatihan yang sudah dididik selama 20 hari. Maka penguatan kewirausahaan salah satu jalan agar mereka tetap semangat berwirausaha,” ungkapnya.

Dia mengatakan, “Kami mencari peluang bisnis seperti mendapat pesanan pembuatan masker, kerudung, dari berbagai komunitas bahkan industri, ini dijadikan peluang oleh kami untuk mempekerjakan alumni peserta pelatihan BLK untuk ikut terlibat dalam produksi, intinya kami membeli karya yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ungkapnya.

Terpisah Kepala unit produksi BLK Komunitas Ponpes Darul Falah M. Carmin mengatakan bahwa, “kami tidak bekerja sendiri untuk proses yang baik nantinya mereka juga ada pendampingan dari DPD HIPSI Kabupaten Subang, Insya Alloh akan lebih berdaya guna,” ungkapnya.

M. Carmin juga mengatakan dengan kegiatan pembekalan ini diharapkan para alumni dan yang sudah tergabung dalam produksi masker yang sudah berjalan sebelumnya bisa lebih sinergis untuk perencanaan usaha berikutnya.

Trainer atau pemateri dalam kegiatan ini dari Lembaga Cahaya Edukasi Insani yang bergerak di bidang pelatihan Pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) Yusuf Rizal, S.Pd.

Yusuf Rizal yang merupakan alumni Ponpes Al Basyariyah Bandung berbagi pengalaman wirausaha di dunia pesantren saat dia mondok.

Menurut dia sangat penting melakukan pemetaan di bidang usaha yang dilakukan unit produksi BLK Ponpes Darul Falah sebagai langkah progresif menjaga stabilitas ekonomi pesantren.

“Intinya peluang sudah ada tinggal konsistensi, komitmen dan semangat juang untuk membangun kewirausahaan ini, kami percaya di BLK Ponpes Darul Falah ini benar-benar bisa memberi solusi lulusannya tidak tergantung untuk bekerja industri garmen yang saat ini sedang lesu justru mau memanfaatkan momentum di BLK Ponpes Darul Falah ini dengan berwirausaha secara mandiri,” bebernya.

Yusuf Rizal juga mengatakan, “para peserta pelatihan harus merasa bersyukur karena BLK Ponpes Darul Falah selalu mengadakan pelatihan menjahit yang disertai kegiatan yang bersifat membangun motivasi berbasis ibadah bagi peserta pelatihan,” imbuhnya.