Beranda Ekonomi BLKK Ponpes Darul Falah Gandeng HIPSI Subang Kembangkan Wirausaha Santri, Nurdin: Pesantren...

BLKK Ponpes Darul Falah Gandeng HIPSI Subang Kembangkan Wirausaha Santri, Nurdin: Pesantren Punya Produk Unggulan, Ketahanan Ekonomi Daerah Kuat

Jabarpress.com, Subang-Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak berkomitmen membina para alumni peserta pelatihan menjahit angkatan 1 & 2.

Bahkan, Ketua BLK Komunitas Darul Falah Ust Ridwan Hartiwan, menyatakan segera menggandeng DPD Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Subang untuk mengembangkan wirausaha para santri serta memberdayakan para alumni pelatihan

Dengan menggandeng HIPSI, pihaknya malah lebih optimis dalam memberdayakan wirausaha para alumni.

“Kalau industri ke garmen saya rasa sekarang bukan waktu yang tepat karena mereka justru lebih banyak yang tutup atau mengurangi jumlah karyawan, saat ini yang lebih tepat adalah membidik berbasis komunitas, bersama DPD HIPSI kami lebih percaya diri karena para peserta pelatihan ini terdampak covid 19, ada yang pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Dia menyebut, keberadaan BLK sangat membantu masyarakat berdampak covid-19.

“BLK komunitas itu bersentuhan langsung dengan akar rumput masyarakat kota dan desa, pemberdayaan melalui BLK ini seharusnya lebih ditingkatkan lagi, contohnya dengan pemberian jatah pakaian dan honor serta langsung diberi garapan produksi kehidupan mereka cukup terbantu nantinya, dan Ponpes Darul Falah ini menyiapkan mekanisme membeli produk alumni peserta pelatihan menjahit untuk dijual kembali,” paparnya.

Menurut dia tak perlu mengkhawatirkan persaingan bisnis karena sebagai orang pesantren sudah terbiasa menggunakan pola berdagang yang didorong zikir dan salat sunat untuk memudahkan jalan usaha seperti diajarkan para wali.

“Salat malam seperti tahajud, puasa Senin Kamis, membaca Surat Waqiah sambil meluaskan jejaring bisnis bisa meningkatkan potensi hasil usaha karena terdorong keinginan kuat dan kepercayaan diri,” tuturnya.

Ketua DPD Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Subang, Nurdin Hidayat, menyambut positif langkah BLK Komunitas Darul Falah untuk menggandeng organisasinya mengembangkan kewirausahaan pesantren.

Menurut dia, potensi pesantren sebagai salah satu pusat pengembangan ekonomi, sangat besar.

“Jika semua pihak terkait bersedia membangun sinergi untuk memberikan penguatan akan sangat besar dampak ekonomisnya,” ujar Nurdin kepada Jabarpress.com.

Bahkan, tegas dia, ketahanan ekonomi suatu daerah akan kuat jika setiap pesantren memiliki produk unggulan masing-masing dan dilakukan upaya pendampingan untuk pengembangan serta pemasaran produknya.

“Jika masing-masing pesantren bisa menghasilkan produk unggulan, maka ketahanan ekonomi suatu daerah akan sangat sehat dan kuat. Namun demikian, sangat dibutuhkan pendampingan secara konsisten pada pengembangan model bisnis yang tepat, penguatan efektivitas dan efisiensi proses bisnis, akses pendanaan dan akses kepada pasar,” pungkas Nurdin.