Beranda Ekonomi Bupati Minta LPDB Kemenkop UMKM Bantu Permodalan Petani Subang

Bupati Minta LPDB Kemenkop UMKM Bantu Permodalan Petani Subang

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang H Ruhimat mengikuti rapat dengan LPDB Kementerian Koperasi dan KUMKM di ruang segitiga Pendopo Pemkab Subang, Rabu (12/8/2020).

Sebagai informasi, LPDB adalah satuan kerja yang bernama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang bertugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM dan pengelolaan dana negara di bidang pengembangan ekonomi lokal.

Kegiatan rapat dengan LPDB merupakan kelanjutan dari kegiatan pertemuan sebelumnya antara bupati dengan Kementrian Koperasi dan KUMKM di Kementerian. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM Fitri Rinaldi beserta jajaran.

Bupati H Ruhimat menyampaikan, meski saat ini sedang menggencarkan perindustrian tumbuh dan berkembang di Kabupaten Subang, akan tetapi tetap menginginkan Subang sebagai daerah pertanian penopang pangan nasional.

Dia menginginkan pertanian kembali cantik sehingga pemuda tertarik bertani kembali, karena bisnis pertanian tidak akan mati, karena tidak ada orang di dunia tidak butuh makan.

“Pertanian merupakan pilihan terakhir bagi anak muda,” ujarnya.

Dia berharap dengan segala potensi yang ada, baik pertanian, perikanan bahkan peternakan dengan wadah koperasi, LPDB memiliki program untuk dikembangkan di kabupaten Subang, yang selanjutnya secara teknis dapat dikoordinasikan dengan dinas terkait.

Terlebih hasil koordinasi dengan Kemenkop dan dinas koperasi sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Menteri Koperasi yang berharap koperasi menjadi berjaya kembali.

Kang Jimat–sapaan akrab Bupati H Ruhimat–juga berharap LPDB membantu permodalan sektor-sektor perekonomian rakyat Subang.

“Saya ingin semua sektor baik perikanan, peternakan, perkebunan, pertanian maju, dengan adanya LPDB diharapkan kendala modal tidak lagi menjadi kendala bagi para petani di Kabupaten Subang, terlebih dengan adanya potensi alam yang menjanjikan banyak peluang sektor-sektor tersebut berkembang,” paparnya.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo, menyampaikan LPDB akan berkoordinasi teknis dengan dinas-dinas terkait, selanjutnya LPDB akan melihat potensi dan menetapkan prioritas, mana yang akan menjadi prioritas jangka pendek dan jangka panjang.

Kegiatan rapat tersebut dihadiri pula oleh Asda 1, Asda 2, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Perikanan, dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang.