Beranda Daerah Puluhan Warga Purwadadi Tolak Pembangunan Kandang Ayam, Kaliber Indonesia: Yang Sudah-sudah Juga...

Puluhan Warga Purwadadi Tolak Pembangunan Kandang Ayam, Kaliber Indonesia: Yang Sudah-sudah Juga Cemari Lingkungan

Jabarpress.com, Subang-Puluhan warga Desa Prapatan Kecamatan Purwadadi yang tergabung dalam Forum Masyarakat Prapatan bersama ormas Kaliber Indonesia Bersatu Distrik Subang mendatangi DPRD Subang, Senin (10/8/2020) mengadukan pembangunan kandang ayam di Kampung Kalipace Desa Prapatan.

Kedatangan warga guna beraudiensi dengan Komisi IV DPRD Subang untuk menolak pembangunan kandang ayam seluas 5 hektar yang dikhawatirkan mencemari lingkungan setempat.

“Kandang-kandang ayam yang sudah ada saja mencemari udara, baunya luarbiasa, jalan-jalan jadi rusak akibat lalu-lalang armada angkutan ayam, sementara tidak ada perhatian dari perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Karena itu kami menolak pembangunan kandang ini, nanti makin mencemari lagi,” ujar perwakilan warga Purwadadi yang juga Sekjen Kaliber Indonesia Bersatu Distrik Subang, Rohemu Abdulhalim, kepada Jabarpress.com.

Dia mengaku, hingga kini pihaknya bersama warga belum mengetahui detil ihwal pemilik kandang ayam yang proses pembangunannya baru tahap perataan lahan ini, termasuk ihwal kelengkapan dokumen perizinan dari instansi Subang, sebab pihak perusahaan sejauh ini belum melakukan sosialisasi kepada warga lingkungan setempat.

Karena itu, pihaknya mendatangi DPRD untuk berdialog mempertanyakan regulasi dan prosedur pembangunan kandang ayam, termasuk mengenai ketentuan jarak kandang dengan permukiman penduduk.

“Kita akan pertanyakan ke dewan terkait regulasi pembangunan kandang ayam ini, termasuk berapa radius, jarak, dari permukiman penduduk. Sebab sudah banyak berdiri kandang ayam, sementara di sekitarnya ada permukiman padat penduduk. Jelas ini sangat mengganggu lingkungan,” tegas Rohemu bersama Ketua Kaliber Indonesia Bersatu Subang, Karvin.