Beranda Daerah Forum BLKK Subang Ajak Pihak Swasta Bantu Program Pelatihan

Forum BLKK Subang Ajak Pihak Swasta Bantu Program Pelatihan

Jabarpress.com, Subang-Forum Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) se Kabupaten Subang ajak pihak swasta ikut terlibat aktif membantu program pelatihan di BLK Komunitas yang ada di kabupaten Subang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Hal itu diungkap Ridwan Hartiwan, Kepala BLKK Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak usai menemui Kepala Bidang Pelatihan & Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Subang, Estutianto, di kantornya Jalan Mayjen Soetoyo, Kota Subang.

Menurut Ridwan yang mewakili Forum BLK Komunitas se kabupaten Subang mengatakan bahwa BLK Komunitas sebaiknya dibantu pihak swasta dalam pelaksanaan pelatihan melalui dana CSR perusahaan.

“Amanat presiden Jokowi, bank dan pihak swasta harus ikut mendukung program pelatihan berbasis kompetensi melalui Balai Latihan Kerja Komunitas yang hampir ada di semua pelosok daerah di Indonesia, sehingga lebih terlihat nilai empowering masyarakatnya dan tidak mengandalkan dana pemerintah,” ungkapnya, Kamis (6/08/2020).

Dia juga meminta disnakertrans Subang memfasilitasi pertemuan para kepala BLK-K kabupaten Subang dengan perwakilan perusahaan yang ada di Subang.

“Kami sudah meminta melalui Kabid Lattas Disnakertrans Subang agar Forum BLK Komunitas di Subang dipertemukan dengan perwakilan perusahaan yang ada di kabupaten Subang untuk program ini,” imbuhnya.

Menurut Ridwan keberadaan BLK Komunitas di kabupaten Subang perlu ditingkatkan intensitas pelatihannya, saat ini pelaksanaan pelatihan hanya bergantung dana kementerian tenaga kerja.

“Perlu peran pemerintah, supaya BLK komunitas tidak banyak nganggur karena mengandalkan dana kemnaker, apalagi 5 BLK Komunitas di Subang itu berbeda program keahliannya, ada menjahit, komputer, olah hasil kopi, automotif dan bahasa asing dengan fasilitas yang lengkap,” pungkasnya.

Kabid Lattas Disnakertrans Subang Estutianto mengakui telah menerima aspirasi para pengelola BLK di kabupaten Subang itu.

“Iya, saya sudah menerima aspirasi para pengelola BLK Komunitas di kabupaten Subang, nanti kami kaji terlebih dahulu,” ucapnya.

Lebih jauh Ridwan Hartiwan mengajak pihak Perbankan ikut memikirkan permodalan lulusan BLK Komunitas sesuai arahan Presiden Republik Indonesia.

“Dalam waktu dekat kami akan menemui kalangan Perbankan di Subang seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Jabar Banten, Bank BNI, BPR dan yang lainnya untuk mengajak memikirkan permodalan para alumni BLK Komunitas, sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia dan para menteri terkait sewaktu launching BLK Komunitas di kabupaten Kendal Jawa Tengah Akhir 2019 lalu,” pungkasnya.