Beranda Jabar Kantor KPU, Bawaslu dan Golkar Bandung ‘Digeruduk’ Puluhan Peserta Kelas Beringin, Agus...

Kantor KPU, Bawaslu dan Golkar Bandung ‘Digeruduk’ Puluhan Peserta Kelas Beringin, Agus Baroya: Jaga Kondusifitas Pilkada, Patuhi Protokol Covid-19

Jabarpress.com, Bandung-Sekitar 40 orang peserta Kelas Beringin Kabupaten Bandung mendatangi Kantor KPU, Bawaslu dan DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung, Selasa (4/8/2020).

Kedatangan mereka disambut Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, untuk selanjutnya berdialog seputar tahapan proses pelaksanaan Pilkada 2020.

Usai dari KPU, rombongan Kelas Beringin bersilaturahmi dengan para komisioner Bawaslu Kabupaten Bandung.

Selanjutnya, mereka melanjutkan bersilaturahmi dengan jajaran DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung dan diterima oleh Sekretaris Golkar, H Sugianto, S.Ag., M.Si., didampingi Riki Ganesa, S.Hut.

Wali Kelas Beringin, Imam Syafei, menyebut, kunjungan para peserta Kelas Beringin ke kantor penyelenggara pemilu merupakan bagian dari pendidikan politik untuk memperkuat ideologi kader.

“Diharapkan melalui kunjungan ini, para peserta Kelas Beringin makin tercerahkan, makin melek politik, sehingga bisa meningkatkan partisipasi politik masyarakat untuk mensukseskan hajat demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bandung ini,” ujar Imam kepada Jabarpress.com.

Menanggapi silaturahmi para peserta Kelas Beringin, Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, didampingi Kasubbag Teknis dan Hupmas, Dheny Irawan, meminta para peserta Kelas Beringin berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada secara aman dan kondusif.

Dia juga berharap mereka berperan meningkatkan partisipasi publik dalam pilkada.

“Diharapkan rekan-rekan ini ikut menjaga keamanan di kecamatan masing-masing, sehingga bisa tercipta kondusifitas di tingkat kabupaten. Rekan-rekan juga bisa aktip berpartisipasi dalam pilkada, bisa menjadi pemantau atau peserta,” paparnya.

Agus juga mengimbau peserta Kelas Beringin turut berperan mensosialisasikan pelaksanaan pilkada yang menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

“Dalam pelaksanaanPilkada 2020 ini, KPU bahkan telah mengeluarkan PKPU Nomor 6 yang secara khusus mengatur kewajiban menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh penyelenggara pemilihan, massa pemilih dan semua pihak yang terlibat, seperti kewajiban memakai masker, jaga jarak, dan lainnya. Kita berharap protokol kesehatan ini dipatuhi sehingga pilkada berlangsung aman,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Januar Solehudin, didampingi Komisioner lainnya, yakni Ari Hariyanto, Hedi Ardia, Komarudin dan Kahpiana, menegaskan komitmennya untuk menjalankan tupoksi bawaslu dalam pilkada, mulai dari pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran pilkada.

“Diharapkan rekan-rekan ini berperan aktip untuk mewujudkan pilkada yang bermartabat, baik dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran. Misalnya dengan proaktip melaporkan temuan-temuan pelanggaran atau bersedia menjadi saksi,” imbuhnya.

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Bandung, H Sugianto, S.Ag., M.Si., didampingi Riki Ganesa, S.Hut. mengapresiasi kehadiran para peserta kelas beringin untuk bergabung di Golkar.

“Saya berharap kalian berperan aktif membesarkan Golkar sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” pungkasnya.