Beranda Daerah 100 Warga Dirapid Tes Massal di UPTD Puskesmas Cibogo

100 Warga Dirapid Tes Massal di UPTD Puskesmas Cibogo

Jabarpress.com, Subang-Ratusan warga Kecamatan Cibogo antusias mengikuti rapid test massal di halaman kantor UPTD Puskesmas Cibogo, Kamis (30/7/2020).

Rapid tes massal dihadiri langsung oleh Camat Cibogo Sri Novia serta Pjs Kepala Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo Hj Nining, Babinsa TNI AD, dan bhabinkamtibmas Polri.

Plt Kepala UPTD Puskesmas Cibogo Tri Hartinah Am.Keb. mengatakan, pelaksanaan test rapid sudah lima kali dilakukan dan satu kali test swab.

“Untuk rapid tes kali ini kuota pesertanya 100 orang,” ucap Hartinah kepada Jabarpress.com.

Dari kuota 100 orang, hingga siang tadi yang datang baru ada 43 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Cibogo dan ada juga warga luar Cibogo diantaranya dari Rawabadak, Sompi dan daerah lainnya.

“Diharapkan masyarakat Cibogo tidak ada yang terserang oleh wabah virus corona atau covid 19, mudah-mudahan kedepannya pun tidak ada yang positif, kita tetap aman dan untuk antisifasinya adalah kita tetap waspada, ketika nanti kalau ada yang hasil rapid reaktif, nanti kita akan laporkan ke pusat agar cepat ditangani supaya tidak menyebar kemana-mana. Diimbau kepada warga agar membiasakan gerakan hidup sehat, (Germas) itu yang paling utama di era new normal ini kita harus membiasakan cuci tangan pake sabun, sosial distanching dan tidak berkerumun serta kalau memang terpaksa harus keluar rumah itu diwajibkan memakai masker,” imbuhnya.

Camat Cibogo Sri Novia menjelaskan, rapit test massal dilakukan di kantor UPTD Puskesmas Cibogo, kuotanya sebanyak 100 orang.

“Mudah-mudahan tercapai semuanya, terutama untuk kepentingan warga Kecamatan Cibogo untuk kepentingan pergi keluar kota supaya aman demi keselamatan diri,” tuturnya.

Camat Sri bersyukur, hingga kini Kecamatan Cibogo masih relatif aman dari kasus covid-19 serta zona hijau.

“Untuk mempertahankan hal itu sangatlah sulit, kita memerlukan tingkat kesadaran masyarakat untuk memberantas covid 19 ini, diharapkan kepada warga mari kita lawan virus corona melalui PHBS. Selain PHBS, juga dilakukan rapid test, sementara rapid test ini kalau biaya sendiri itu cukup lumayan mahal, tetapi saat ini digelar rapid test massal agar digunakan sebaik baiknya,” paparnya.

Dia mengimbau kepada warga agar mematuhi peraturan pemerintah yakni, jaga jarak, jauhi kerumunan maasa, cuci tangan pake sabun.

“Diharapkan kepada warga tetap waspada, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta setiap keluar rumah jangan lupa pake masker untuk memutus mata rantai covid 19,” tandasnya.

Tias Ramadhan (17 tahun) warga Desa Cisaga Kecamatan Cibogo mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan rapid test ini, karena hal ini salah satu persyaratan untuk melanjutkan sekolah ke SMA atau SMK/sederajat.

“Saya berharap semoga virus Corona cepat berakhir, sehingga aktifitas warga berjalan seperti biasa, dan tarap perekonomian warga dapat berjalan lancar tidak tersendat seperti sekarang ini,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)