Beranda Daerah Rakor Forum PAUD, Bunda PAUD: Anak-anak Subang Harus Cerdas dan Berakhlak

Rakor Forum PAUD, Bunda PAUD: Anak-anak Subang Harus Cerdas dan Berakhlak

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang H Ruhimat didampingi Bunda PAUD Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakoor) pengurus Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Subang di Pendopo Subang, Rabu (22/7/2020).

Dalam amanatnya, Bunda PAUD Kabupaten Subang, Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat, menyampaikan, Forum PAUD merupakan organisasi nirlaba yang berbadan hukum dan berbentuk perkumpulan sebagai wadah bertukar informasi dan pengalaman berkomunikasi, berkoordinasi dan mengembangkan jaringan informasi serta pemberdayaan anggotanya.

“Saya bercita-cita menginginkan semua anak-anak Subang terlahir sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan dilindungi serta memiliki kesamaan baik fisik maupun mental dalam memasuki jenjang pendidikan dan kehidupan selanjutnya, menuju masyarakat Indonesia yang maju sejahtera dan berkeadilan di Kabupaten Subang,” ujar Bunda Yoyoh.

Dia menyebut, tujuan didirikannya forum PAUD ini, salah satunya untuk mewujudkan pemberdayaan organisasi, anggota forum pengembangan anak usia dini Indonesia, serta mewujudkan sistem jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga organisasi di bidang pengembangan anak usia dini. Selain itu forum PAUD juga bertujuan mewujudkan kemitraan dan kerjasama yang harmonis di bidang pengembangan anak usia dini.

“Adapun peran dan fungsi Forum ini untuk memberikan masukan dan pertimbangan dan rekomendasi kepada pemerintah dan lembaga legislatif dalam hal kebijakan kriteria kinerja, kriteria fasilitas pendidikan memfasilitasi komunikasi forum dan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga yang terkait dengan layanan pengembangan anak usia dini yang ada di kabupaten Subang,” paparnya.

Bupati H Ruhimat, mengatakan, atas nama pribadi dan pemerintah, berterimakasih atas kontribusi PAUD dalam pembangunan mental di Kabupaten Subang.

Dia menegaskab pentingnya dan besarnya manfaat dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Berdasarkan penelitian, sejak periode sebelum anak lahir hingga menginjak usia 8 tahun, sistem syaraf pusat, sel-sel otak dan jalur syaraf mulai terbangun. Selama periode kritis perkembangan otak ini, telah tertata dasar-dasar untuk lintasan kehidupan anak ke depan. Atas nama pemerintah mengapresiasi kepada seluruh anggota forum PAUD yang sudah bergerak lebih dulu dalam pembangunan mental. Apapun alasannya dalam rangka mewujudkan manusia yang berkualitas pembangunan mental sangat dibutuhkan. Ke depan pemerintah siap mendukung dan mensupport forum PAUD. Mari untuk terus membangun karakter sesuai potensi dan kemampuan masing-masing, bagaimanapun pembangunan mental adalah hal yang utama dan sejalan dengan pembangunan fisik,” tegas Kang Jimat–sapaan karib Bupati Subang.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab yang dipandu langsung oleh Sekretaris FPAUDI H Ade Mulyana, dimulai dari pengenalan struktur Forum, Pengembangan Anak Usia Dini Kabupaten Subang dan pemaparan tugas di setiap bidang komisi. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Bunda PAUD Kabupaten Subang Ega Agustine Rosadi, perwakilan dari dinas pendidikan kabupaten Subang dan tamu undangan.

BERBAGI