Beranda Daerah Pantai Pondok Bali Subang Jadi Lokasi Rukyatul Hilal Idul Adha, Bakal Dibangun...

Pantai Pondok Bali Subang Jadi Lokasi Rukyatul Hilal Idul Adha, Bakal Dibangun Pusat Observasi Bulan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang H Ruhimat didampingi Sekda Subang H Aminudin dan Asda 1 menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat, Dr. H. Adib, M.Ag, beserta jajaran di pendopo bupati, Selasa (21/7/2020).

Kedatangan rombongan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat dalam rangka silaturahmi dan agenda rukyat hilal untuk menetapkan Idul Adha 1 Dzulhijjah 1441 H.

Dalam pertemuan itu terungkap, BHRD Jabar akan menyelenggarakan rukyat hilal bersama dengan tim Kanwil Kemenag Jawa Barat, Kemenag Subang, BHRD Subang dan wilayah lainnya yang akan diselenggarakan di Pantai Pondok Bali Kecamatan Legonkulon.

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, H Adib, menyampaikan, kalau memang nanti dari Pemkab Subang dapat mempersiapkan tanah yang strategis yang cocok untuk lokasi Pusat Observasi Bulan atau POB, pihaknya akan mempersiapkan pembangunannya.

“POB tersebut akan dirancang tidak hanya digunakan untuk melihat bulan atau penanggalan Komariah, akan tetapi ada fungsi lain salah satunya adalah akan digunakan juga untuk edukasi bagi para siswa,” ujar H Adib.

Bupati Subang H Ruhimat menegaskan siap men-support rencana pembangunan pusat observasi bulan (POB) yang akan sangat bermanfaat bagi umat Islam.

“Seperti kita ketahui, keberadaan pusat observasi bulan yang telah dulu hadir seperti di Cibeas Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi bisa menjadi tempat wisata religi dan edukasi ilmu Falak astronomi. Selama ini tempat tersebut dijadikan rujukan kementerian agama dalam penentuan awal bulan hijriyah. Rencananya untuk Pos Pengamatan Bulan di Kabupaten Subang akan dibangun di wilayah Pantai Pondok Bali Subang,” jelas Bupati Ruhimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jawa Barat, Drs. H. Ahmad Patoni, MM, Ketua BHRD Jawa Barat, Sunarno Mawardi, Sekretaris BHRD Jawa Barat, Dr. H. Encup, dan Kepala Kemenag Kabupaten Subang H Abdurohim beserta jajaran.

BERBAGI