Beranda Daerah Ratusan Warga Tak Kebagian Sembako Covid-19, TP PKK Subang Turun Tangan Berbagi

Ratusan Warga Tak Kebagian Sembako Covid-19, TP PKK Subang Turun Tangan Berbagi

Jabarpress.com, Subang-Ketua TP PKK Subang yang juga istri Bupati H Ruhimat, Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat, didampingi Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Subang Hj Susi Aminudin, blusukan menyalurkan bantuan tebar sembako dari Jabar Bergerak Pemprov Jawa Barat kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Salamjaya Kecamatan Pabuaran dan Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeuy sekaligus meninjau Dapur Umum Program Sapapait Samamanis, Senin (20/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat selaku Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Subang memberikan sosialisasi pencegahan penularan virus, terutama mengingatkan untuk ikuti aturan protokol kesehatan.

“Kami juga bergerak lebih awal untuk membagikan sembako kepada warga yang belum terdata menerima bantuan oleh pemerintah pusat. Kami juga ingin Jabar Bergerak ini menjadi wadah efektif untuk membantu kinerja pemerintah daerah. Saat pandemi seperti saat ini, kami utamakan untuk penanganan melawan virus covid-19 dengan menyalurkan sembako kepada warga yang memang sudah diprioritaskan untuk menerimanya,” ujar Hj Yoyoh.

Menurutnya, kehadiran Jabar Bergerak ini sebagai pelengkap kebijakan pemerintah yang segera menyalurkan bantuan sosial kepada warga.

“Untuk Kabupaten Subang ini diperkirakan ada ratusan warga di Kabupaten Subang yang belum terdata. Makanya kami turun untuk berbagi. Selain data resmi yang kamj terima, Jabar Bergerak juga menerima informasi dari masyarakat yang berhak menerima sembako tapi tidak terdata sebagai penerima bantuan dari pemerintah. Namun, informasi tersebut harus dipastikan benar dengan menurunkan petugas ke lapangan,” paparnya.

Pihaknya menyalurkan bantuan tebar sembako dari Provinsi Jawa Barat untuk Desa Salamjaya Kecamatan Pabuaran sebanyak lima paket sembako dan untuk Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeuy sebanyak lima paket sembako.

“Adapun sasarannya adalah warga yang sudah kami data dari setiap Kepala Desa dan dibantu oleh pengurus TP PKK Desa dan Kader Desa setempat. Kami juga memonitor Dapur Umum TP PKK Desa, memastikan juga bantuan penyaluran beras dari Provinsi Jawa Barat benar digunakan dan disalurkan kepada masyarakat dengan program gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) dimana untuk lauk pauknya menggunakan bantuan dari program Sapapait Samamanis, yaitu program bantuan dari Bupati Subang,” pungkasnya.