Beranda Daerah Praktek 2 Jam, Belasan Mahasiswa Subang Peserta Sekolah Jurnalistik YKSPP Langsung Bisa...

Praktek 2 Jam, Belasan Mahasiswa Subang Peserta Sekolah Jurnalistik YKSPP Langsung Bisa Buat Berita

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Belasan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Subang mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Sekolah Jurnalistik Yayasan Kesejahteraan dan Sosial Pekerja Pers (YKSPP) di gedung BLK Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak, Selasa-Rabu (14-15/7/2020).

Sekolah Jurnalistik YKSPP menghadirkan sejumlah wartawan berpengalaman sebagai instruktur pelatihan yang berasal dari tim Indowarta Grup. Diantaranya, M Ridwan (mantan jurnalis Harian Pagi Radar Bandung yang kini menjabat CEO Indowarta Xpress Media), Usep H (mantan jurnalis Koran SINDO/SINDOnews) dan Dudi S (mantan jurnalis Harian Fakta Karawang yang kini menjadi CEO Wartasubang.com).

Pengurus Yayasan Kesejahteraan dan Sosial Pekerja Pers (YKSPP), Dudi Setiadi, mengatakan, pelatihan jurnalistik merupakan bagian dari program Sekolah Jurnalistik YKSPP yang direncanakan berlangsung kontinyu.

Sekolah Jurnalistik Angkatan ke-1 Tahun 2020 diikuti sekitar 13 peserta/mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Kabupaten Subang. Diantaranya, STIE Miftahul Huda Pamanukan, STAI Miftahul Huda Pamanukan, Universitas Subang (Unsub), dan lainnya.

Kegiatan berlangsung dua hari, Selasa-Rabu (14-15/7/2020) di komplek gedung BLK Pondok Pesantren Darul Falah Cimanggu Kecamatan Cisalak.

“Insyaalloh, program Sekolah Jurnalistik YKSPP akan berkelanjutan untuk menghasilkan SDM-SDM calon penulis handal generasi mendatang,” ujar Dudi kepada Jabarpress.com, usai kegiatan Sekolah Jurnalistik, Rabu (15/7/2020).

Dia bersyukur, meski pelatihan jurnalistik berlangsung singkat, namun hasilnya cukup sesuai ekspektasi. Bahkan, saat berlangsung materi praktek reportase dan penulisan berita yang dipandu instruktur Usep H yang berlangsung sekitar 2 jam, para peserta berhasil membuat naskah berita.

“Alhamdulillah, mereka langsung bisa bikin naskah berita, memenuhi unsur 5 W 1 H, meski dalam format sederhana,” ucapnya.

CEO Indowarta Xpress Media (Indowarta Grup), M Ridwan, mengungkapkan, program Sekolah Jurnalistik yang dikelola YKSPP sangat urgen untuk menghasilkan kaderisasi calon-calon penulis, khususnya jurnalis, yang handal di masa depan.

“SDM-SDM jurnalis yang berkualitas, produktif, profesional, bermoral, sangat dibutuhkan bangsa kita untuk mencerahkan publik dengan informasi edukatif, akurat dan menyejukkan, serta jauh dari hoak,” tegasnya.

Salah seorang mahasiswa peserta pelatihan jurnalistik, Widi, mengaku senang mengikuti Sekolah Jurnalistik YKSPP, sehingga dirinya tak hanya mendapatkan bekal wawasan seputar dunia jurnalisme, tetapi juga bisa belajar mereportase dan menulis atau menyusun naskah berita.

“Alhamdulillah, setelah ikut kursus singkat jurnalistik YKSPP ini, saya sudah mulai dikit-dikit bisa bikin berita dan praktek peliputan,” imbuh Widi diamini teman-temannya.

(Red)

BERBAGI