Beranda Daerah Sosialisasi Himpaudi Cibogo: BDR Solusi Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Sosialisasi Himpaudi Cibogo: BDR Solusi Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Di tengah pandemik Covid-19, PC Himpaudi Kecamatan Cibogo sosialisasikan Belajar Dari Rumah (BDR) di SPS Mawar 3 Cipaku, Senin (6/7/2020).

Kegiatan dihadiri Penilik Korwil Disdikbud Kecamatan Cibogo, para Kepala Sekolah serta guru Paud se- Kecamatan Cibogo, juga turut hadir Wakil Ketua 3 Himpaudi Kabupaten Subang Ida Rotani S.Pd bidang Humas dan kerjasama. Kegiatan digelar menggunakan protokol kesehatan.

Ketua PC Himpaudi Kecamatan Cibogo Suhartini S.Pd.I menyebut, sosialisasi BDR atau belajar dari rumah dilakukan selama tiga hari mulai Rabu-Jumat di seluruh Subang.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan kondusif, serta diikuti oleh seluruh perwakilan PC Himpaudi kecamatan se- Kabupaten Subang,” ujarnya kepada Jabarpress.com.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya lakukan sosialisasi untuk keseluruhan dari setiap lembaga SPS dan Kober yang ada di wilayah Kecamatan Cibogo dengan materi yang disampaikan meliputi 12 item.

“Awalnya saya akan menggelar selama tiga hari sesuai dengan pelatihan yang dilakukan di Kabupaten, namun mengingat waktunya mepet banyak program yang harus kita kerjakan sesuai dengan tahun ajaran baru, berkaitan dengan PPDB sehingga kegiatan ini diikuti oleh seluruh lembaga SPS dan Kober, serta dilakukan selama satu hari ini harus selesai. Saya selaku PC Himpaudi Kecamatan Cibogo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi BDR ini agar segera selesai, selanjutnya dalam 12 item dan di dalamnya orang tua harus memahami psikologi anak. Kalau memang covid 19 ini berkepanjangan, cara untuk antisipasinya adalah ya BDR ini,” paparnya.

Pihaknya berharap wabah covid-19 segera berlalu agar aktipitas belajar mengajar di lingkup pendidikan anak usia dini (PAUD) Kecamatan Cibogo kembali normal serta peran serta orang tua sangat penting bagi anak.

Penilik Disdikbud Korwil Kecamatan Cibogo Tarsano S.Pd. mengatakan, perjuangan PC Himpaudi Kecamatan Cibogo sudah mulai dirasakan dalam sosialisasi Belajar Dari Rumah (BDR) ini. Ada 12 item yang disampaikan yakni, pentingnya bagi anak usia dini, bermain bahasa di rumah, bermain matematika, bermain Sains, bermain seni kriya, bermain musik dan gerak, bermain rencana pelaksanaan pembelajaran penilaian perkembangan anak selama belajar di rumah, pengasuhan positif, membangun komunikasi aktif antara guru dan orang tua murid, minimal pada sains, penerapan kebijakan belajar dari rumah, mengenal dukungan pisikologis awal (DPA) bagi orangtua anak usia dini, serta metode daring dan PPT.

“Diharapkan didalam proses belajar dari rumah (BDR) antara guru dengan orangtua siswa agar bersinergi membangun komunikasi lewat medsos,” imbuhnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI