Beranda Seni Budaya Kampung Situ Raja Cinangsi Jadi Lembur Tohaga Sapapait Samamanis Lodaya Covid-19

Kampung Situ Raja Cinangsi Jadi Lembur Tohaga Sapapait Samamanis Lodaya Covid-19

Jabarpress.com, Subang-Kampung Situ Raja RT 08/03 Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo ditetapkan menjadi Lembur Tohaga Sapapait Samamanis Lodaya Covid-19.

Launching peresmian Lembur Tohaga Lodaya Covid-19 digelar Rabu (1/7/2020) di Kampung Situ Raja. Kegiatan diwarnai pelepasan balon dan gunting pita, serta dihadiri muspika Kecamatan Cibogo, Pjs Kepala Desa Cinangsi Hj. Nining Ratnaningsih, PLT Kepala UPTD Puskesmas Cibogo, serta jajaran Pemdes Cinangsi dan seluruh perwakilan, Dinas Pertanian, Perikanan, tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas polri dan babinsa TNI AD se-Kecamatan Cibogo.

Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat S.Ip. menyebut, kegiatan launching Lembur Tohaga sapapait samamanis Lodaya covid 19 dilakukan bukan hanya di Desa Cinangsi saja, tapi juga di 21 kecamatan.

“Kita dorong program tersebut agar di desa ini ada kampung tangguh, artinya tangguh rohani dan jasmani, keamanan, kesehatan, serta memiliki aspirasi untuk memberikan contoh kepada kampung – kampung lain. Kampung Tohaga atau Kampung Tangguh ini untuk memberikan percontohan terhadap desa-desa lain,” papar kapolsek.

Pihaknya berharap dengan adanya lembur tohaga covid 19 harus memiliki ketangguhan, tangguh dalam bekerja , semaksimal mungkin, tangguh dalam keamanan, kesehatan, dan mampu melakukan kegiatan tersebut.

“Kegiatan Lembur Tohaga ini diharapkan berkelanjutan, bahwa di kampung Situ Raja Desa Cinangsi ini merupakan lembur tohaga yaitu kampung bersih, aman dan sejahtera. Hal ini harus menjadi contoh dan menjadi lembur teladan untuk percepatan penanganan covid 19, dan kegiatan ini menjadi contoh bagi desa lain,” katanya.

Camat Cibogo Sri Novia menyampaikan, pihaknya selaku Pemcam Cibogo dan seluruh warga menyampaikan Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia ke 74, bersama Rakyat Polri Kuat, semoga kepolisian ini menjadi pengayom dan menjadi panutan bagi masyarakat.

“Inti dari lembur tohaga ini adalah tohaga dalam kesehatan, keamanan, informasi, diharapkan launching lembur tohaga ini jangan sampai seremonial saja, tapi harus berkelanjutan dan menjadi contoh bagi desa-desa se-Kecamatan Cibogo, serta kegiatan ini perlu dukungan dari semua pihak,” tambahnya.

Pjs Kepala Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo Hj Nining Ratnaningsih menambahkan, tujuan adanya Lembur tohaga sapapait samamanis lodaya yang dirintis oleh polri ini kedepannya warga harus membantu mengatasi pandemi covid-19.

“Terpilihnya Desa Cinangsi sebagai lembur tohaga sapapait samamanis lodaya ini adalah desa yang dekat dengan Puskesmas dan yang menjadi dasar Desa Cinangsi itu adalah Kampung KB, dan saat ini disebut lembur Tohaga, dan di dalamnya ada 13 ketangguhan yakni pos keamanan, posko covid 19, pos lumbung pangan, pos kesehatan, pos ketahanan pangan, pos padi, ketahanan perikanan, ruang pemeliharaan jenajah, ruang isolasi, ruang ganti. Diharapkan kedepan dengan adanya leumbur tohaga ini semoga masyarakat lebih meningkatkan kesadaran dibidang kebersihan, kesehatan, keamanan dan menanamkan sipat gotong royong dalam mewujudkan penanganan hcovid 19,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)