Beranda Ekonomi Desa Cibogo Bagikan 103 Sertifikat Program PTSL

Desa Cibogo Bagikan 103 Sertifikat Program PTSL

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cibogo Kecamatan Cibogo membagikan 103 sertifikat tanah program Pendaptaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Sabtu (27/6/2020).

Pembagian sertifikat PTSL disaksikan Bhabinkamtibmas Polri Aipda Sudarto, babinsa TNI AD Pelda M. Irwan, BPD, tokoh masyarakat, RT/RW, dimana kegiatan tersebut menggunakan protokol kesehatan covid-19.

Kepala Desa Cibogo Kecamatan Cibogo Ahmad Mahbubi, menyebut, kuota program pendaptaran tanah sistematis lengkap (PTSL) sebanyak 2.000 bidang tanah dan yang sudah diterbitkan sertipikatnya sebanyak 885 buah. Pembagian sertipikat akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk saat ini, kita bagikan 103 sertifikat. Alhamdulillah, walaupun di tengah pandemik covid 19 ini masih bisa diterbitkan,” ujar Ahmad Mahbubi kepada Jabarpress.com.

Selain pembagian sertifikat massal, ada juga bantuan-bantuan yang datang ke desa, baik dari Kemensos, BLT Desa, Banprop dan bantuan dari Pemkab.

“Insya alloh warga akan kebagian sesuai dengan data yang sudah ada. Diimbau kepada warga untuk program PTSL yang belum terbit sesuai yang diajukan oleh para pemohon, insya alloh akan segera terbit karena hal ini dilakukan secara bertahap, hanya waktu saja mungkin terkendala dengan wabah korona,” paparnya.

Pihaknya berharap dengan adanya program PTSL ini kedepan Pemdes Cibogo juga merasa terbantu dalam pencapaian target PBB.

“Diharapkan warga sadar terhadap kewajibannya untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” ucap Mahbubi.

Kasipem Desa Cibogo Rahmat menyampaikan, pembagian sertifikat massal program PTSL merupakan bantuan Pemerintah Pusat.

Pembagian sertifikat dilakukan secara bertahap sesuai dengan nama kepemilikan masing-masing.

“Diharapkan dengan program PTSL ini semoga bermanpaat bagi warga Desa Cibogo, mereka memiliki sertifikat dan keabsahan bidang tanah secara hukum. Kita ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BPN Subang yang telah merealisasikan program tersebut ke desa kami, sehingga warga secara otomatis akan meningkatkan tarap perekonomiannya, khususnya di wilayah Desa Cibogo,” imbuhnya.

Yeyet (42 tahun), warga Kampung Cibeunter Desa Cibogo mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah meluncurkan program PTSL ke Desa Cibogo.

“Sehingga dengan biaya relatip murah Rp.150 ribu, saya memiliki bukti kepemilikan yang sah yakni sertifikat tanah,” imbuhnya.

Dirinya juga berterimakasih kepada jajaran Pemdes Cibogo khususnya kepada Kepala Desa Cibogo yang telah berupaya keras untuk warganya agar memiliki keabsahan surat tanah.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI